Pengelolaan media dakwah pondok pesantren Lirboyo: studi akun instagram @limofficial_lirboyo

Munif, Muhammad Abdullah (2021) Pengelolaan media dakwah pondok pesantren Lirboyo: studi akun instagram @limofficial_lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701026010_MUHAMMAD ABDULLAH MUNIF_Full SkripsiSkripsi Lengkap.pdf] Text
1701026010_MUHAMMAD ABDULLAH MUNIF_Full SkripsiSkripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Instagram hari ini masih menajdi platform favorit masyarakat. Secara sederhana instagram dapat didefinisikan sebagai aplikasi berbasis iOS, Android dan Windows Phone yang dapat digunakan untuk mengedit dan membagikan foto dan video ke media sosial lainnya. keunggulan platform instagram adalah tata letak (feed) yang bisa dibuat dan dikemas secara rapi dan menarik sehingga lebih nyaman untuk ditonton. Selain itu, instagram juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi video, dahulu video yang diunggah memiliki batas durasi, yakni maksimal satu menit untuk setiap video, namun instagram dapat membagikan video tanpa batasan durasi waktu. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui mengetahui tentang bagaimana pengelolaan media dakwah Pondok Pesantren Lirboyo akun instagram @limofficial_lirboyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari hasil wawancara dengan pengelola akun Instagram @limofficial_lirboyo sedangkan data sekunder diantaranya berupa buku, dokumentasi, jurnal, arsip, serta hal-hal lain yang relevan dalam sumber penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Ittihadul Muballighin telah menerapkan proses pengeloaan media dakwah Instagram @limofficial_lirboyo yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarah dan memberikan pengaruh. Namun masih terdapat kekurangan seperti jumlah sumber daya manusia, peralatan produksi dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Media Sosial dan Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 06 Aug 2022 04:10
Last Modified: 06 Aug 2022 04:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16541

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics