Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik hibah di Desa Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali

Mutmainayah, Ilul Siam (2021) Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik hibah di Desa Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016043_Ilul_Siam_Mutmainayah] Text (SKRIPSI_1702016043_Ilul_Siam_Mutmainayah)
1702016043_ILUL SIAM MUTMAINAYAH_Lengkap Tugas Akhir - 48- Ilul Siam Mutmainayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan praktik Hibah pada masyarakat Desa Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali yang terjadi bahwasanya hibah digunakan sebagai pembagian harta warisan, hal ini sudah muncul sejak lama dan dilakukan secara turun temurun, karena kebiasaan mengakibatkan menipisnya kepercayaan sera pengetahuan masyarakat Desa Bawu tentang konsep keadilan dalam Hukum waris, antara anak laki-laki dan perempuan yang diskriminasi, yang mana anak laki-laki mendapatkan dua bagian sedangkan anak perempuan mendapat satu bagian. Dari permasalahan tersebut peneliti merasa tertarik untuk meneliti praktik hibah yang terjadi pada masyarakat Desa Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Yang mana merupakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari perilaku orang-orang yang dapat diamati. Kemudian menggunakan sumber data primer dan sekunder yang selanjutnya data dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini bahwa : 1) praktik hibah yang di lakukan oleh masyarakat Desa Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali bahwa praktik hibah yang dilakukan oleh lima narasumber tersebut sudah memenuhi rukun dan syaratnya. 2) Tinjauan hukum islam terhadap praktik hibah di Desa Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Mereka dalam membagikan harta orang tua yang dimaksudkan sebagai pembagian warisan dibagikan secara adil dan rata yang hal tersebut turun temurun dilakukan dan disebut dgn Al ‘Addah muhakkamah yang mana kebiasaan masyarakat tersebut di bolehkan secara hukum, cara hibah ini dilakukan agar tidak terjadi persengketaan antar ahli waris hal itulah yang diutamakan dan menurut peneliti cara ini akan lebih baik, karena untuk kemaslahatan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; hibah; waris; wasiat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 Aug 2022 06:54
Last Modified: 06 Aug 2022 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16554

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics