Makna hijrah dalam web series “BTS” di akun youtube Hijab Alila: analisis semiotika Charles Sanders Peirce

Ananda, Adelia (2021) Makna hijrah dalam web series “BTS” di akun youtube Hijab Alila: analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701026030_Adelia Ananda_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1701026030_Adelia Ananda_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Web series Between Two Sides menceritakan tentang peristiwa hijrah dari seorang penggemar korea agar menjadi muslimah yang lebih taat agama. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami dan mendeskripsikan makna hijrah dalam web series BTS (Between Two Sides) di Youtube Hijab Alila berdasarkan analisis semiotika model Charles Sanders Pierce. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dari video web series. Unit analisis dalam penelitian ini adalah potongan dari gambar, teks, dan suara pada adegan yang mengandung makna hijrah pada tokoh utama. Dalam menganalisis terdapat tiga unsur yang disebut teori segitiga makna yaitu representamen, objek, dan interpretant pada semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil dalam penelitian ini adalah peneliti menemukan makna hijrah yang terkandung dalam dalam web series BTS yang dikelompokkan dalam beberapa macam hijrah. Pertama, hijrah fikriyah yaitu perubahan pada pola pikir Olin untuk berpikir kembali hal yang lebih baik. Kedua, hijrah sulukiyah dalam web series yaitu menunjukkan perubahan perilaku dan sikap pada tokoh Olin yang semula kurang baik menjadi lebih baik dan taat pada agama. Ketiga, hijrah syu`uriyyah yaiu perubahan pada Olin yang berhubungan dengan kesukaan dan hobi Olin terhadap idola Korea.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Hijrah: Alat Dakwah; Media Dakwah; Analisis Konten
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 06 Aug 2022 07:16
Last Modified: 06 Aug 2022 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16557

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics