Pesan dakwah dalam lagu anak bernuansa rukun Islam karya Kastari Sentra

Faizura, Novi (2021) Pesan dakwah dalam lagu anak bernuansa rukun Islam karya Kastari Sentra. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701026038_NOVI FAIZURA_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1701026038_NOVI FAIZURA_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB)

Abstract

Dakwah adalah kegiatan yang mengajak seseorang kejalan yang benar menyangkut segala aspek kehidupan dari segi akidah, syariat, dan akhlaq berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Disampaikan melalui lirik lagu anak di YouTube Kastari Sentra. Perkembangan zaman kemajuan teknologi membuat mempermudah sistem berdakwah tidak hanya cara berceramah tetapi juga dapat menggunakan cara lain salah satunya menggunakan media musik dalam bentuk lirik lagu Rukun Islam. Dalam hal ini penulis akan membahas: Bagaimana pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu Rukun Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu Rukun Islam karya Kastari Sentra di dalam YouTube channelnya. Kegunaannya untuk memberikan pesan dakwah untuk anak-anak usia dini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan data primer yang berupa teks lagu di video YouTube Kastari Sentra dan menggunakan analisis isi (content analisys). Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi teks lagu Rukun Islam yang kemudian dianalisa menggunakan analisa kualitatif dengan cara analisis isi dan disimpulkan secara induktif. Hasil temuan dari penelitian ini menjelaskan bahwa lagu Rukun Islam ini banyak mengajarkan nilai-nilai keagamaan, ajakan untuk berbuat baik, melakukan ibadah yang diperintahkan Allah SWT dan dapat mendekatkan diri kepada-Nya. Selain itu vidio tersebut mempunyai keunikan yang bisa memberikan pemaparan yang jelas mengenai isi lagu, content serta animasinya pun sangat menarik dan pesan dalam lagu ini juga memiliki tiga pokok ajaran Islam yakni aqidah, syariah, dan akhlaq.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Seni dan Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 06 Aug 2022 07:25
Last Modified: 06 Aug 2022 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16559

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics