Tinjauan ‘urf terhadap pemberian pesing seserahan dalam pernikahan adat Jawa : studi kasus di Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal

Wati, Sri Indah (2021) Tinjauan ‘urf terhadap pemberian pesing seserahan dalam pernikahan adat Jawa : studi kasus di Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016078_Sri_Indah_Wati] Text (SKRIPSI_1702016078_Sri_Indah_Wati)
1702016078_Sri Indah Wati_Full Skripsi - Sri Indah Wati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandangan masyarakat terhadap pemerian pesing seserahan yang dianggap menjadi sebuah keharusan dalam sebuah acara pernikahan. Adapun tujuan dari pemberian pesing seserahan ini adalah sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan oleh kedua calon mempelai kepada keluarga karena telah merawat dan membesarkan anaknya dengan baik hingga bertemu dengan pasangannya.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apa yang melatarbelakangi dan bagaimana tinjauan ‘urf terhadap pemberian pesing seserahan dalam pernikahan adat jawa di Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang tradisi pemberian pesing seserahan dalam pernikahan adat jawa di Desa Kabunan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu sampel penelitian, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data tersebut selanjutnya disusun, dijelaskan dan dianalisis menggunakan metode deskriptif analitik untuk kemudian ditarik kesimpulan menggunakan perspektif ‘urf.
Dari penelitian ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa tradisi pemberian pesing seserahan merupakan suatu hadiah. Adapun hal yang melatarbelakangi pemberian pesing seserahan ini adalah karena adat atau kebiasaan dari nenek moyang. Apabila ditinjau dengan konsep ‘urf, pemberian pesing merupakan tradisi ‘urf shahih jika pemberian pesing tidak memberatkan salah satu pihak dan terdapat kerelaan dari semua pihak dan dapat menjadi ‘urf fasid dan berhukum makruh jika menjadi kendala atau beban bagi calon pengantin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesing seserahan; perkawinan, ‘Urf; adat Jawa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 13 Aug 2022 04:57
Last Modified: 13 Aug 2022 04:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16606

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics