Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran blended learning : studi di MTs Negeri 3 Brebes

Nurhalimah, Iim (2022) Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran blended learning : studi di MTs Negeri 3 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1607016022_Iim_Nurhalimah] Text (Skripsi_1607016022_Iim_Nurhalimah)
Skripsi_1607016022_Iim_Nurhalimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pada masa transisi dari pandemi Covid-19 menuju new normal, pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran blended learning atau pembelajaran lainnya yg lebih efektif tergantung letak daerah sesuai dengan tingkat keamanannya. Dengan perubahan yang terjadi pada pembelajaran disekolah tentunya mempengaruhi minat belajar pada siswa. Minat belajar pada siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai factor internal ataupun eksternal. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan studi penelitian di MTs N 03 Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris efikasi dri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap minat belajar siswa MTs N 03 Brebes dalam pembelajaran blended learning secara parsial maupun secara simultan. Adapun metode penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 83 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data diambil menggunakan instrumen skala yaitu skala efikasi diri, dukungan sosial teman sebaya, dan minat belajar. Kemudian data akan dianalisis menggunakan teknik analisis linier berganda. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai uji simultan menunjukan angka signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara varabel efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap minat belajar. Hasil uji parsial dari efikasi diri (X1) terhadap minat belajar juga menunjukan angka siginifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka efikasi diri dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar. Sedangkan untuk hasil uji hipotesis secara parsial variabel dukungan sosial teman sebaya (X2) diperoleh hasil 0,129 atau P > 0,05 maka dinyatakan tidak signifikan, akan tetapi nilai koefisien regresi dari variabel dukungan sosial teman sebaya yaitu 0,149 yang berarti variabel dukungan sosial teman sebaya mengalami kenaikan satu satuan, maka variabel minat belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,149 atau 14,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Blended Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri; Dukungan sosial; Teman sebaya; Minat belajar; Blended learning
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Aug 2022 00:51
Last Modified: 18 Aug 2022 00:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16634

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics