Hubungan antara dukungan keluarga dan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin pada santri putra Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon

Inayah, Khofifah Maulidina (2022) Hubungan antara dukungan keluarga dan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin pada santri putra Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707016016_Khofifah_Maulidina_Inayah] Text (Skripsi_1707016016_Khofifah_Maulidina_Inayah)
Skripsi_1707016016_Khofifah_Maulidina_Inayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lingkungan yang padat dengan rutinitas dan disiplin, para santri dituntut untuk mengikuti semua rutinitas itu dan mematuhi semua disiplin tersebut. Hal ini menyebabkan pelanggaran perilaku disiplin sering kali dilakukan oleh para santri seperti tidak sholat berjamaah, merokok, dan membolos sekolah, keluar tanpa izin. Dukungan keluarga dan konformitas teman sebaya adalah bagian dari faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris hubungan dukungan keluarga dan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin pada santri putra Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan skala dukungan keluarga, konformitas teman sebaya, dan perilaku disiplin yang dianalisis dengan menggunakan multiple correlation. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 250 santri dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin dengan r=0.587 dan p=0.000.

ABSTRACT:
Islamic boarding schools are a dense environment with routines and disciplines, the students to follow all these routines and obey all these disciplines. This causes discipline violations that are often carried out by students such as not praying in congregation, smoking, and skipping school, leaving without permission. Family support and peer conformity are part of the external factors that influence disciplinary behavior. The purpose of this study was to empirically examine the relationship between family support and peer conformity with the disciplinary behavior of male students at Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon. The design used in this research is correlational quantitative using a scale of family support, peer conformity, and discipline behavior which is analyzed using multiple correlations. The number of subjects in this study were 250 students using purposive sampling technique. The results of this study indicate a positive and significant relationship between family support and peer conformity with disciplined behavior with r = 0.587 and p = 0.000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan keluarga; Konformitas teman sebaya; Perilaku disiplin; Santri putra; Pondok pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Aug 2022 03:54
Last Modified: 20 Aug 2022 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16661

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics