Pengaruh persepsi siswa tentang penanaman nilai-nilai agama islam dari orang tua terhadap hasil belajar daring siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. Sunan Barmawi Morodemak Bonang Demak

Aliyah, Silfah Himatul (2021) Pengaruh persepsi siswa tentang penanaman nilai-nilai agama islam dari orang tua terhadap hasil belajar daring siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. Sunan Barmawi Morodemak Bonang Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016160_SILFAH_HIMATUL_ALIYAH] Text (SKRIPSI_1703016160_SILFAH_HIMATUL_ALIYAH)
1703016160_Silfah Himatul Aliyah_Full Skripsi - Silva Sisil.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah orang tua siswa yang berprofesi sebagai nelayan akan disibukkan bekerja di laut dari petang sampai malam hari, akan tetapi kewajibannya sebagai orang tua harus tetap dijalankan. Salah satunya dengan menanamkan nilai-nilai agama Islam kepada anak. Memang tidak mudah dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam terhadap anak, akan tetapi Orang tua tidak lepas tanggung jawab dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam terhadap anak yang dapat mempengaruhi hasil belajar anak di sekolah, apalagi di masa pandemi dimana proses pendidikan yang awalnya di sekolah menjadi di rumah menjadikan orang tua lebih dominan dalam proses pendidikan anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh persepsi siswa tentang penanaman nilai-nilai agama Islam dari orang tua terhadap hasil belajar daring siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Sunan Barmawi Morodemak Bonang Demak. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian dengan mengguanakan angka-angka kemudian dianalisis menggunakan statistik untuk menguji hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah responden sebanyak 68 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, variabel penanaman nilai-nilai agama Islam dalam keluarga (X) adalah 33,22 berada pada interval 36-41, dengan ini menunjukan variabel (X) berada dalam kategori baik. Kedua, variabel hasil belajar daring siswa (Y) adalah 79,71 berada pada interval 77-81 dengan ini menunjukan variabel (X) dalam kategori cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penanaman nilai-nilai agama Islam dari orang tua terhadap hasil belajar daring siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Sunan Barmawi Morodemak Bonang Demak sebesar 13,6 kemudian sisanya sebesar 86,4 dipengaruhi oleh faktor lain selain lingkungan keluarga seperti lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Kata kunci: Penanaman, Nilai agama Islam, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penanaman; Nilai agama Islam; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Aug 2022 04:11
Last Modified: 20 Aug 2022 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16664

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics