Penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Marhabaniyyah Demak

Fauzia, Aqsha (2021) Penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Marhabaniyyah Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016169_AQSHA_FAUZIA] Text (SKRIPSI_1703016169_AQSHA_FAUZIA)
1703016169_Aqsha Fauzia_Tugas Akhir - Najwa Fila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skipsi ini membahas tentang metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Al-Marhabaniyyah Demak, Karena kebanyakan orang bisa menghafal Al-Qur’an tetapi sulit untuk menjaganya, maka diperlukan metode-metode khusus untuk memudahkan dalam proses menjaganya, seperti penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Marhabaniyyah Demak. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an santri. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an santri. 3) Mengetahui solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al-Marhabaniyyah Demak.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an santri, sudah dilaksanakan sejak dibangunnya Pondok Pesantren Al-Marhabaniyyah Demak. Penerapan metode tasmi’ dikelompokkan menjadi tiga yaitu, tasmi’ 1 juz, tasmi’ 5 juz dan tasmi’ sesuai jumlah juz yang diperoleh. Dan pelaksanaan metode muraja’ah dikelommpokkan menjadi 3 yaitu, muraja’ah dihadapan pengasuh, muraja’ah dihadapan ustadz/ustadzah, dan muraja’ah bersama. 2) Faktor pendukung dalam penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Marhabaniyyah Demak. Pertama, yaitu adanya motivasi dari orang-orang terdekat. Kedua, Adanya jadwal kegiatan tahfidz yang terstruktur. Ketiga, Lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Marhabaniyyah Demak. Pertama, yaitu rasa malas. Kedua, tidak percaya diri. Ketiga, tidak bisa mengatur waktu. Keempat, yaitu faktor banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang hampir sama. 3) Solusi menghadapi hambatan-hambatan penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah di Pondok Pesantren Al- Marhabaniyyah Demak, Pertama yaitu ikhlas menuntut ilmu. Kedua, Selalu menjaga hafalan agar tetap terjaga dengan baik yang dapat dilakukan dengan cara istiqomah melukan muraja’ah dan mengikuti kegiatan tasmi’ yang ada di pondok. Ketiga, Manajemen waktu yang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Metode Tasmi’; Metode Muraja’ah; Hafalan Al-Qur’an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Aug 2022 04:21
Last Modified: 20 Aug 2022 04:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16666

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics