Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan islam di MA Darul Huda Sidomulyo Oku Selatan

Saputra, Ibnu Alwan (2021) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan islam di MA Darul Huda Sidomulyo Oku Selatan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016172_IBNU_ALWAN_SAPUTRA] Text (SKRIPSI_1703016172_IBNU_ALWAN_SAPUTRA)
1703016172_Ibnu Alwan Saputra_Lengkap Tugas Akhir - Alwan S.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MA Darul Huda Sidomulyo OKU Selatan. Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya sebuah fenomena yang berkaitan dengan kurangnya kedisiplinan siswa dalam kegiatan belajar. Hal tersebut terlihat dari sikap dan tindakan siswa yang mengabaikan tanggung jawabnya sebagai pelajar. Seperti terdapat beberapa siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah, terlambat masuk ruang kelas, berbicara dengan teman sehingga kurang memperhatikan guru saat menyampaikan materi pembelajaran, bahkan ada yang ditemukan bolos saat jam pelajaran berlangsung. Di sisi lain kedisiplinan siswa merupakan langkah awal dalam kegiatan proses pembelajaran untuk mencapai prestasi belajar secara optimal, efektif dan efesien karena siswa harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat sebelumnya atau sesuai dengan prosedur yang telah disetujui dan disepakati bersama. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa di MA Darul Huda Sidomulyo OKU Selatan. 2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar mata pelajaran SKI di MA Darul Huda Sidomulyo OKU Selatan. 3) Untuk menunjukkan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MA Darul Huda Sidomulyo OKU Selatan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif yang dihitung dengan menggunakan cara statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 50 siswa di MA Darul Huda Sidomulyo OKU Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket yang telah di uji sebelumnya menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya beda. Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar (X) terhadap prestasi belajar SKI (Y) siswa di MA Darul Huda Sidomulyo OKU Selatan. Hal ini dijelaskan pada nilai R2 (R-Square) sebesar 19,8%, tanda positif pada koefisien regresi dan nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel (Fhitung = 11.828 < Ftabel(0,05;1;48)= 4,403) Berdasarkan perhitungan tersebut hipotesis dalam penelitian ini adalah tolak H0 dan terima H1. Hal ini berarti variabel kedisiplinan siswa berpengaruh posisitf dan signifikan terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MA Darul Huda Sidomulyo OKU Selatan. Pengaruh yang diberikan oleh variabel kedisiplinan belajar ditunjukkan dengan nilai R-Square sebesar 19,8% sisanya yaitu 80,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan; Prestasi Belajar SKI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Aug 2022 06:53
Last Modified: 20 Aug 2022 06:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16680

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics