Nilai-nilai pendidikan islam dalam novel hilda cinta, luka dan perjuangan karya Musyassarotul Hafidzoh

Rohmi, Ulya Ainur (2022) Nilai-nilai pendidikan islam dalam novel hilda cinta, luka dan perjuangan karya Musyassarotul Hafidzoh. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016174_ULYA_AINUR_ROHMI] Text (SKRIPSI_1703016174_ULYA_AINUR_ROHMI)
1703016174_Ulya Ainur Rohmi_Full Skripsi - Ulya Ainur Rohmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari proses dalam mempelajari ilmu pengetahuan, baik umum ataupun agama. Tetapi zaman sekarang banyak generasi muda yang terpengaruh dampak negatif dari kemanjuan teknologi. Melalui pendidikan Islam, seseorang akan membentuk dan menanamkan generasi yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Hilda Cinta, Luka dan Perjuangan karya Muyassarotul Hafidzoh serta Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam kepada peserta didik agar peserta didik tidak merasa bosan dengan model pembelajaran yang harus berkutat di dalam kelas. Dengan adanya penyampaian pendidikan Islam yang lebih menarik diharapkan dapat mencetak generasi bangsa yang cerdas.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Karena data-data yang diperlukan untuk menyusun karya ini diperoleh dari kajian pustaka. Sumber data primer adalah novel Hilda Cinta, Luka dan Perjuangan karya Muyassarotul Hafidzoh. Sumber data sekunder diambil dari buku-buku yang berkaitan yaitu yang di dalamnya berisi mengenai nilai-nilai pendidikan Islam.
Analisis temuan peneliti bahwa, nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam cerita novel Hilda Cinta, Luka dan Perjuangan karya Muyassarotul Hafidzoh antara lain yaitu (1) Nilai Pendidikan Aqidah (2) Nilai Pendidikan Syari’ah (Ibadah), (3) Nilai Pendidikan Akhlak. Adapun implikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel pada kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan cara peneladanan dan pembiasaan serta nasehat yang dapat di ambil manfaatnya, khususnya dalam dunia pendidikan seperti sekolah, pondok pesantren, kajian keagamaan, dan sebagainya. Maka, akan membentuk karakter kepribadian yang patut untuk dicontoh atau diteladani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan islam; Novel dan Implikasi.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Aug 2022 06:59
Last Modified: 20 Aug 2022 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16682

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics