Analisis hisab arah kiblat menggunakan rubu’ mujayyab dalam kitab Taqrib Al-Maqshad

Al-Ikhsan, Muhammad (2021) Analisis hisab arah kiblat menggunakan rubu’ mujayyab dalam kitab Taqrib Al-Maqshad. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1402046087_Muhammad Al-Ikhsan_Lengkap] Text (Skripsi_1402046087_Muhammad Al-Ikhsan_Lengkap)
Skripsi_1402046087_Muhammad Al-Ikhsan_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kitab Taqrīb al-Maqshad fi al-Amali bi al-Rub’i al-Mujayab adalah kitab falak karya Syekh Muhammad Mukhtar bin ‘Atharid al-Bughuri. Kitab ini membahas tatacara penggunaan Rubu Mujayyab untuk perhitungan ilmu falak. Salah satu yang dibahas adalah perhitungan arah kiblat yang mempunyai keunikan dalam langkah perhitungannya karena relatif lebih singkat dan praktis dibanding kitab lainnya yang sama-sama menggunakan Rubu Mujayyab.
Penelitian ini membahas mengenai: 1). Bagaimana formulasi hisab arah kiblat dalam kitab Taqrib al-Maqshad karya Syaikh Mukhtar al-Bughuri?, dan 2). Bagaimana akurasi hasil hisab arah kiblat dalam kitab Taqrib al-Maqshad menggunakan rubu’ mujayyab dibandingkan hasil hisab Kontemporer?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Data primer diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan rubu’ mujayyab, sementara data skundernya diperoleh dari kitab Taqrib al-Maqshad, terjemah kitab Taqrib al-Maqshad dan seluruh dokumen yang berkaitan dengan obyek penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah metode deskriptif yang kemudian dilihat melalui komparasi antara data perhitungan atau hasil perhitungan.
Terdapat dua temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini. Pertama, perhitungan arah kiblat dalam kitab Taqrib al-Mashad dilakukan dengan mencari titik temu antara selisih bujur dan selisih lintang dalam Rubu Mujayyab. Kedua, perbandingan hasil hisab arah kiblat dari kitab Taqrib al-Mashad dengan hisab kontemporer adalah selisih 2°. Hal tersebut menunjukkan bahwa perhitungan dalam Taqrib al-Maqshad mempunyai akurasi yang lemah karena hanya menggunakan trigonometri dasar dan Rubu Mujayyab yang sifatnya perkiraan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Taqrib al-Maqshad; Rubu Mujayyab
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 529 Chronology
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Aug 2022 07:06
Last Modified: 20 Aug 2022 07:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16683

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics