Bimbingan agama Islam dalam meningkatkan kontrol diri jama’ah komunitas Cah Hijrah di Lamper Tengah Semarang

Amalina, Musaibah Nur (2021) Bimbingan agama Islam dalam meningkatkan kontrol diri jama’ah komunitas Cah Hijrah di Lamper Tengah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401016070_Musaibah Nur Amalina_skripsi lengkap] Text (1401016070_Musaibah Nur Amalina_skripsi lengkap)
1401016070_Musaibah Nur Amalina_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan Agama Islam merupakan usaha pemberian bantuan kepaa seseorang yan mengalami kesulitan, baik lahiriah maupun batiniah, yang menyangkut kehidupan di masa kini dan masa mendatang. Bantuan tersebut berupa pertolongan di bidang spiritual, dengan maksud agar orang yang bersangkutan mampu mengatasi kesulitannya dengan kemampuan yang ada pada diri sendiri, melalui kekuatan iman dan takwa kepada Allah SWT.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaiamana Kondisi Kontrol Diri Jama’ah Komunitas Cah Hijrah Lamper Tengah Semarang ? (2) Bagaimana Bimbingan Agama Islam dalam meningkatkan Kontrol Diri Jama’ah Komunitas Cah Hijrah di Lamper Tengah Semarang ? Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Kondisi Kontrol Diri Jama’ah Komunitas Cah Hijrah di Lamper Tengah Semarang dan untuk mengetahui bagaimana Bimbingan Agama Islam dalam meningkatkan Kontrol Diri Jama’ah Komunitas Cah Hijrah di Lamper Tengah Semarang serta analisisnya.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tujuan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati guna memberikan kejelasan terhadap peristiwa yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah jama’ah Komunitas Cah Hijrah dan masyarakat sekitar. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Kondisi Kontrol Diri Jama’ah setelah mengikuti kajian di Komunitas Cah Hijrah Lamper Tengah Semarang ada perubahan mulai dari bisa mengkontrol dirinya sendiri sampai mulai memahami tentang agama (2) Bimbingan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kontrol Diri Jama’ah, Komunitas Cah Hijrah Lamper Tengah Semarang mengemas bentuk kajian senyaman mungkin dan dalam pencapaiannya kajuannya tentunya yang mudah dipahami oleh jama’ah agar jama’ah bersemangat dalam mengikuti kajian mengingat jama’ah Komunitas Cah Hijrah Lamper Tengah Semarang mayoritas adalah kalangan anak muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama Islam; Dakwah; Kontrol diri; Komunitas; Jamaah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Oct 2022 00:57
Last Modified: 03 Oct 2022 00:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16685

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics