Corporate Social Responsibility di Pegadaian Kanwil Semarang menurut hukum Islam

Hasanah, Uswatun (2022) Corporate Social Responsibility di Pegadaian Kanwil Semarang menurut hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1402036151_Uswatun Hasanah _Lengkap] Text (Skripsi_1402036151_Uswatun Hasanah _Lengkap)
1402036151_USWATUN HASANAH_Full Skripsi - Uswah Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pegadaian menjadi tumpuan untuk memperoleh pinjaman dengan cepat. Hal ini dikarenakan prosedur pengajuan memperoleh dana di pegadaian cukup sederhana dan relatif mudah. Pegadaian Kanwil Semarang merupakan salah satu PT yang bergerak di bidang sosial dan kemasyarakatan, yang tentunya tidak dapat terlepaskan peran dan keikutsertaannya dalam menuntaskan tugas CSR yang mesti dijalankannya. Corporate Social Responsibility (CSR) mengandung makna bahwa perusahaan dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya mengejar keuntungan, tetapi juga memperhatikan kelangsungan hidup, kelestarian alam dan sosial ekonomi masyarakat dimana perusahaan berproses. Dalam praktek pelaksanaannya, CSR di Pegadaian Kanwil Semarang masih berupa program dan bantuan yang sifatnya konsumtif.
Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti merumuskan dua masalah yaitu: Bagaimana pelaksanaan Corporate Social Responsibility di Pegadaian Kanwil Semarang dan Bagaimana Corporate Social Responsibility menurut hukum Islam.
Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan nomatif empiris yaitu jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti tentang fenomena yang dialami oleh subjek peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer, sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan metode analisis data yang dilakukan yaitu metode analisis deskriptif.
Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil data penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program CSR di Pegadaian Kanwil Semarang tidak hanya menjadi suatu kegiatan yang bersifat sukarela (voluntary), akan tetapi CSR sudah menjadi suatu kewajiban (mandatory) yang harus dilaksanakan oleh perusahaan. Secara umum pelaksanaan CSR sudah terlaksana dengan baik karena sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku dan sesuai berlandaskan dengan hukum Islam. Sedangkan menurut pandangan Islam pelaksanaan CSR di Pegadaian Kanwil Semarang sudah memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum, dan hukum Islam dalam kesejahteraan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan, pertama pelaksanaan Corporate Social Resonsibility di pegadaian kanwil semarang, kedua pelaksanaan Corporate Social Resonsibility menurut hukum islam Taklifi dan Wadh‟i sebagai landasan utama dalam penelitian tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibilit;, Hukum Islam; Pegadaian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:28
Last Modified: 26 Aug 2022 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16698

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics