Analisis hukum Islam terhadap bisnis jual beli kontak database ; studi kasus jual beli database di sosial media grup whatsApp "Agen Fashion")

Kamiliyah, Nur (2021) Analisis hukum Islam terhadap bisnis jual beli kontak database ; studi kasus jual beli database di sosial media grup whatsApp "Agen Fashion"). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1502036068_Nur Kamiliyah_Lengkap] Text (Skripsi_1502036068_Nur Kamiliyah_Lengkap)
1502036068_NUR KAMILIYAH_Tugas Akhir - Nur Kamiliyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jual beli database kontak konveksi adalah bisnis yang menjual kumpulan kontak pabrik konveksi/first hand dengan menjual barang-barang seperti baju: baju, tas, sepatu, boneka, celana, gamis, barang-barang import lokal dan produk lainnya yang sudah dikumpulkan dalam satu file seperti Microsoft word, pdf dan lain-lain. Objek yang diperjualbelikan adalah kontak konveksi seperti kontak whatsapp, akun shopee, dan lain-lain. Tetapi jual beli ini belum ada jaminan bahwa database kontak konveksi yang dijual dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sehingga terdapat unsur gharar dan dikemudian hari pembeli merasa dirugikan. Pada bisnis jual beli database ini, penjual harus mempromosikan bisnis ini dengan cara sering memposting iklan atau testimoni yang berupa hasil dari bisnis penjualan database tersebut. Praktik bisnis jual beli database konveksi dan relasinya terhadap hukum Islam adalah hal yang menarik untuk diteliti karena termasuk fenomena jual beli dalam masyarakat yang terjadi di masa sekarang.
Penelitian dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Bisnis Jual Beli Database Konveksi (Studi Kasus Jual Beli Database di Grup Media Sosial WhatsApp “Agen Fashion”). Memiliki rumusan masalah bagaimana praktik bisnis jual beli database kontak konveksi di grup “Agen Fashion”, dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik bisnis jual beli database kontak konveksi di grup “agen fashion”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli database kontak konveksi ini dan mengetahui bagaimana analisis hukum Islam mengenai jual beli database konveksi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis.
Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa praktik bisnis database kontak konveksi dilakukan dengan cara menjual kumpulan database yang berupa dokumen Ms. word, pdf, dan Ms. Excel kepada pembeli yaitu member grup agen fashion melalui media sosial whatsApp. Pada objek yang diperjualbelikan tidak semua kontak dapat dihubungi serta adanya penipuan terkait promosi. Dalam tinjauan hukum Islam, bisnis jual beli database dipandang sebagai transaksi yang samar dikarenakan terdapat unsur ketidakjelasan pada objek yang diperjualbelikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Database konveksi; Jual beli; Hukum Islam; Agen Fashion; WhatsApp
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2022 01:30
Last Modified: 27 Aug 2022 01:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16705

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics