Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik promosi dengan giveaway sebagai daya tarik minat konsumen : studi kasus akun instagram santriway

Astuti, Eka Vidia (2022) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik promosi dengan giveaway sebagai daya tarik minat konsumen : studi kasus akun instagram santriway. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1602036154_Eka Vidia Astuti_Lengkap] Text (Skripsi_1602036154_Eka Vidia Astuti_Lengkap)
1602036154_Eka Vidia Astuti_Full_Skripsi - 18_ Eka Vidia Astuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dalam bidang Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi mengalami kemajuan terutama dalam bidamg perdagangan atau dunia bisnis. Dahulu perdagangan dilakukan secara manual, sekarang dilakukan secara online melalui e-commerse. Banyak kemudahan dan memiliki banyak pengaruh bagi perkembanga dan kemajuan sebuah bisnis. Perkembangan sebuah bisnis promosi merupakan salah satu cara yang dilakukan seorang produsen atau pelaku usaha untuk menarik konsumen serta pengguna barang agar mampu mendapatkannya. Secara definisi, promosi adalah suatu perbuatan yang dilakukan oleh produsen untuk mendapatkan penghasilan. Kemajuan teknologi saat ini terutama kemajuan internet banyak market place yang tersedia untuk melakukan transaksi secara online. Banyak sosial media yang bermunculan dan digunakan sebagai sarana berpromosi seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, dan masih banyak yang lainnya. Metode promosi dengan Instagram sekarang menjadi pilihan bai pelaku usaha. Trend promosi saat ini adalah giveaway atau hadiah bersyarat yaitu sebuah pemberian hadiah secara cuma-cuma tanpa mengeluarkan biaya akan tetapi, adanya syarat dan ketentuan yang wajib ditaati untuk mendapatkan hadiah tersebut. Namun, seiring banyaknya penyelenggara giveaway justru banyak digunakan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan giveaway.
Ada dua permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu; (1) Apakah faktor-faktor pendorong pelaku usaha menyelenggarakan promosi dengan giveaway. (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik promosi dengan giveaway sebagai daya Tarik minat konsumen di akun Instagram Santriway. Jenis penelitian yang digunakan dan penelitian ini adalah peneitian lapangan (field research) yaitu dimana kegiatan penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan observasi lapangan. Dengan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, dan data sekunder yang diperoleh dari jurnal-jurnal, buku-buku tentang fiqh muamalah, al-quran dan hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; Giveaway; Hukum Islam; Instragram santriway
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2022 02:48
Last Modified: 27 Aug 2022 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16715

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics