Tinjauan hukum ekonomi syariah tentang praktik tukar tambah handphone dalam platform jual beli online Tokopedia

Wahyudi, Ahmad Luthfi (2021) Tinjauan hukum ekonomi syariah tentang praktik tukar tambah handphone dalam platform jual beli online Tokopedia. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1702036004_Ahmad Luthfi Wahyudi_Lengkap] Text (Skripsi_1702036004_Ahmad Luthfi Wahyudi_Lengkap)
1702036004_AHMAD LUTHFI WAHYUDI_Full Skripsi - Ahmad Luthfi Wahyudi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kemajuan teknologi di era milenial memunculkan berbagai model-model bisnis. Dengan adanya berbagai model bisnis yang muncul pada masyarakat, dikhawatirkan mereka akan terjebak pada transaksi yang mengandung unsur riba, tadlis, dan gharar. Transaksi jual beli yang menarik perhatian di kalangan masyarakat saat ini adalah jual beli yang meyediakan layanan berbasis teknologi, salah satunya adalah fitur tukar tambah handphone Tokopedia. Fitur tukar tambah handphone pada aplikasi Tokopedia memudahkan masyarakat yang ingin menukarkan handphone lamanya dengan handphone jenis baru dengan tambahan harga. Dalam proses tukar tambah semua kegiatan dilakukan secara online. Dalam hal ini, proses pengecekan handphone yang dilakukan secara online bisa bertahan selama tujuh hari dan pada proses penukaran hanya dilakukan pengecekan ulang IMEI tanpa melakukan pengecekan keseluruhan. Oleh karena itu, perlu ditinjau lebih dalam terkait bagaimana pelaksanaan praktek tukar tambah handphone dalam platform jual beli online Tokopedia? dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap kegiatan tukar tambah handphone dalam platform jual beli online Tokopedia?
Tujuan penelitian ini antara lain untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan tukar tambah handphone dalam platform jual beli online Tokopedia dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap kegiatan tukar tambah handphone dalam platform jual beli online Tokopedia. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif-empiris dengan pendekatan yuridis empiris sekaligus menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi observasi langsung pada aplikasi Tokopedia, wawancara, dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data yang diperlukan, penulis melakukan analisis permasalahan menggunakan alur reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan melalui bukti-bukti yang mendukung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tukar tambah handphone pada aplikasi Tokopedia adalah transaksi yang dilakukan antara pembeli (pengguna Tokopedia) untuk menukarkan handphone lamanya dengan handphone jenis baru kepada penjual (Tokopedia). Praktik tukar tambah handphone ini dilakukan secara online baik dalam hal pengecekan keadaan handphone maupun dalam penetapan harga yang dikakukan melalui platform jual beli Tokopedia. Transaksi jual beli ini merupakan jenis Bai’ al-muqayyadah. Menurut hukum ekonomi syariah, praktik tukar tambah handphone pada aplikasi Tokopedia sudah sesuai dengan ketentuan hukum ekonomi syariah karena terpenuhinya syarat dan rukun dalam jual beli. Selain itu, transaksi ini dianggap sah karena transaksi tukar tambah handphone pada aplikasi Tokopedia ini dilakukan atas kesepakatan bersama atas dasar suka sama suka dan saling ridho tanpa adanya ikrah atau pakasaan dari kedua belah pihak. Kemudian, terkait dengan tambahan uang pada transaksi ini tidak berlaku riba karena handphone bukan termasuk dalam jenis barang ribawi. Dalam transaksi tukar tambah handphone pada aplikasi Tokopedia, berlaku hak khiyar ‘aib sesuai dengan ketentuan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah pasal 280 yaitu hak untuk meneruskan atau membatalkan transaksi jual beli apabila terdapat cacat atau kerusakan pada barang yang tidak dijelasakan penjual sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Handphone; Tokopedia; Gharar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2022 03:05
Last Modified: 27 Aug 2022 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16718

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics