Komparasi hasil belajar siswa antara penerapan media game aplikasi quizizz dengan whatsapp di MTsN 2 Rembang

Farda, Adinda Aulia Jauharotin (2021) Komparasi hasil belajar siswa antara penerapan media game aplikasi quizizz dengan whatsapp di MTsN 2 Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_ADINDA_AULIA_JAUHAROTUN_FARDA] Text (SKRIPSI_ADINDA_AULIA_JAUHAROTUN_FARDA)
1803016091_Adinda Aulia Jauharotin Farda_Full Skripsi - Adinda Aulia Jauharotin Farda UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Saat ini dunia pendidikan telah memasuki zaman kemajuan teknologi dan informasi. Demi menunjang proses kegiatan belajar mengajar, banyak sekali berbagia media pembelajaran yang dapat digunakan. Akan tetapi kita tahu, saat ini pada masa pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar mengharuskan proses pembelajarn dilaksanakan secara online. Tentunya dalam pembelajaran online ini guru juga harus dapat mengatur atau merencanakan pembelajaran tetap berlangsung dengan menggunakan media-media digital. Ada beberapa teknologi modern ada di era sekarang, seperti halnya menggunakan media pembelajaran aplikasi quizizz dan whatsapp. Quizizz dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran untuk membuat kuis interaktif, tidak hanya itu quizizz juga dapat berfungsi sebagai media untuk pengambilan nilai ulangan. Dan whatsapp juga dapat dimanfaatkan guru sebagai jembatan dalam mempermudah pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MTs N 2 Rembang dengan menggunakan teknik sampling convenience sampling, kelas yang digunakan yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi serta tes bagi siswa.
Berdasarkan hasil penilaian hasil belajar kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,07 dan kelas kontrol sebesar 73,5 dengan normalisasi gain untuk kelas eksperimen sebesar 62,8504 atau 62,8% termasuk dalam kategori cukup efektif, dan kelas kontrol sebesar 33,4449 atau sebesar 33,4% termasuk dalam kategori tidak efektif. Dari hasil analisa uji hipotesis hasil post tes peserta didik di peroleh t hitung sebesar 5.885atau 5,8% pada taraf signifikasinyatanya 5 % = 0,05. Dan hasil analisa uji hipotesis hasil tes peserta didik di peroleh signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan media game aplikasi quizizz dan whatsapp di MTs N 2 Rembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Quizizz; Whatsapp; Hasil belajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Aug 2022 03:16
Last Modified: 27 Aug 2022 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16720

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics