Tinjauan hukum Islam terhadap pemanfaatan konten promosi pada program shopee affiliate di media sosial

Taniya, Ita (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap pemanfaatan konten promosi pada program shopee affiliate di media sosial. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1702036027_Ita Taniya_Lengkap] Text (Skripsi_1702036027_Ita Taniya_Lengkap)
1702036027_Ita Taniya_Full Skripsi - Ita Taniya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Shopee merupakan salah satu platform belanja oline yang menggunakan penjualan melalui pihak ketiga yang dikenal Shopee Affiliate Program guna memperluas jangkauannya. Namun, dalam praktiknya program ini juga dimanfaatkan oleh oknum yang ingin meraup keuntungan pribadi agar memperoleh komisi dengan memanfaatkan konten promosi milik orang lain. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan, bagaimana mekanisme pemanfaatan konten promosi pada program Shopee Affiliate dan pandangan hukum Islam mengenai pemanfaatan konten promosi pada program Shopee Affiliate di media sosisal?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian normatif empiris dengan data yang diperoleh melalui penelitian lapangan (field research. Menggunakan pendekatan penelitian yuridis empiris yaitu meneliti peraturan-peraturan hukum yang kemudian digabungkan dengan data dan prilaku ditengah masyarakat. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Mekanisme pemanfaatan konten promosi dilakukan member affiliate dengan mengunggah kembali konten promosi milik sesama member affiliate di media sosial dengan mencantumkan link produk hanya serupa dengan yang ada di video namun memiliki kualitas yang berbeda. Program Shopee Affiliate termasuk kategori akad ju’alah, karena Shopee menerapkan sistem komisi dari klik terakhir, yaitu komisi diberikan jika terjadi penjualan. Pemanfaatan konten promosi yang menggunakan video milik orang lain untuk dikomersialkan guna mendapat keuntungan pribadi dikategorikan sebagai tindakan ghasab, tindakan tersebut menyebabkan kerugian bagi sesama member affiliate dan konsumen, sehingga promosi tersebut tidak dibenarkan oleh ketentuan syara’.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Shopee affiliate; Member affiliate; Ju’alah; Ghasab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Sep 2022 01:14
Last Modified: 03 Sep 2022 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16724

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics