Hasil belajar akidah akhlak menggunakan media pembelajaran quizizz di kelas XI MA Khozinatul Ulum Blora

Rohmah, Yuliana (2021) Hasil belajar akidah akhlak menggunakan media pembelajaran quizizz di kelas XI MA Khozinatul Ulum Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016158_YULIANA_ROHMAH] Text (SKRIPSI_1803016158_YULIANA_ROHMAH)
1803016158_Yuliana Rohmah_Full Skripsi - Yuliana Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang dapat diukur dan diamati. Perubahan tersebut dapat diartikan terjadinya perubahan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari kurang sopan menjadi sopan san sebagainya. Hasil belajar siswa tidaklah sama. Hal tersebut dipengaruhi oleh bagaimana cara, metode, media pembelajaran, dan model pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi, apakah berhasil menarik minat siswa atau tidak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MA Khozinatul ‘Ulum Blora dan pengaruh penggunaan Quizizz pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MA Khozinatul ‘Ulum Blora, khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Khozinatul ‘Ulum Blora dengan jumlah 76 siswa. Yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPS 2. Kelas XI IPS 2 adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout sebanyak 40 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 34 siswa kelas XI IPA 2 yang diambil dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling.
Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Khozinatul ‘Ulum dilakukan secara terstruktural oleh guru. Guru menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai F_(hitung )= 4,690 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,038 < 0,05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Quizizz pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil uji determinasi diperoleh nilai R square sebesar 12,8%. Dapat diketahui bahwa penggunaan Quizizz pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 12,8%. Sedangkan sisa lainnya (87,2%) dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Quizizz; Hasil belajar; Akidah akhlak.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Aug 2022 03:43
Last Modified: 27 Aug 2022 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16728

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics