Implementasi hadits relasi muslim dengan non muslim di Perumahan Pandana Merdeka Kelurahan Bringin, Ngaliyan, Semarang

Maslihan, Maslihan (2021) Implementasi hadits relasi muslim dengan non muslim di Perumahan Pandana Merdeka Kelurahan Bringin, Ngaliyan, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_ 1404026071_Maslihan] Text (SKRIPSI_ 1404026071_Maslihan)
1404026071-Maslihan-SKRIPSI Full - Muhammad Maslihan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Hampir semua agama yang lahir di dunia ini mengajarkan hal yang baik seperti halnya perdamaian. Tidak ada suatu agama yang mengajarkan kebencian dan kekerasan. Agama menganugerahkan ajaran serta dogma kasih sayang terhadap pemelukya. Agama Islam dalam ajarannya selalu memelihara dan menjaga serta memupuk hubungan Muslim dengan Non Muslim. Menjaga dari segi hal yang membuat kerusakan bagi diri masing-masing. Maka dari itu, Islam mengatur dari berbagai sisi berkehidupan untuk menjaga hubungan dengan non muslim dan melindungi jiwa, harta, dan hak-hak mereka. Seperti halnya di penerapan hadis tentang relasi (sosial) muslim dengan non muslim di Perumahan Pandana Merdeka Ngaliyan Semarang. Dalam anjuran atau ajaran nabi mengenai relasi muslim dengan non muslim, terlaksana dengan baik di perumahan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi hadits relasi muslim dengan non muslim di Perumahan Pandana Merdeka Kelurahan Bringin, Ngaliyan Semarang. Data-data yang penulis gunakan bersumber dari variabel penelitian, dokumentasi (foto), wawancara dan hasil observasi, dan juga mencari data-data pustaka atau bersumber dari buku. Fokus penulis berdasarkan hasil pengamatan dari lapangan dan juga pustaka, sifat penelitian ini adalah gabungan antara penelitian lapangan (Field Research) dan pustaka.
Berdasarkan bentuk-bentuk implementasi hadits relasi Muslim dengan non Muslim di Perumahan tersebut, terbentuk adanya dua hal. Yang pertama, komunikasi dan yang kedua, adanya kontak sosial dalam hal ini di kategorikan dengan yang namanya Proses desosiatif yang meliputi kontravensi, pertikaian, dan persaingan. Dan faktor yang mempengaruhi relasi antara masyarakat Muslim dengan masyarakat non Muslim di perumahan Pandana Merdeka, diantaranya: faktor Simpati dan faktor Imitasi.
Dari observasi yang dihasilkan, relasi Muslim dengan non-Muslim di Perumahan Pandana Merdeka Kecamatan Ngaliyan Semarang, bahwa banyaknya perbedaan agama mulai dari Islam, Kristen, Katolik bahkan Hindu di tempat tersebut. Namun kerukunan dan hidup berdampingan menyelimuti mereka. Dan dalam implementasi hadits dalam relasi tersebut, terlaksana dengan baik meskipun dari beberapa warga belum mengetahui haditsnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hadits; pemeluk agama; non muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 27 Aug 2022 07:51
Last Modified: 27 Aug 2022 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16746

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics