Tinjauan hukum Islam terhadap praktik bisnis pada aplikasi penghasil uang : studi kasus aplikasi helo

Hilmi, Arifah (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik bisnis pada aplikasi penghasil uang : studi kasus aplikasi helo. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1702036077_Arifah Hilmi_Lengkap] Text (Skripsi_1702036077_Arifah Hilmi_Lengkap)
1702036077_ARIFAH HILMI_FULL SKRIPSI - Arifah Hilmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital sangat ini begitu pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya bermunculan bisnis-bisnis berbasis aplikasi yang dapat menghasilkan uang, salah satunya aplikasi Helo. Aplikasi Helo dapat memberikan sejumlah koin yang dapat ditukarkan dalam bentuk uang rupiah melalui e-money DANA. Koin tersebut dapat diberikan kepada para pengguna, jika berhasil menjalankan tugas atau misi yang diberikan oleh developer Helo. Tugas atau misi Helo, seperti check in harian, menjelajahi aplikasi Helo dengan waktu yang ditentukan, memberitahu penghasilan dari aplikasi Helo melalui media sosial (WhatsApp, instagram, dan lainnya), hadiah kotak harta karun, mengundang teman baru untuk mengunduh dan menjelajahi aplikasi Helo tanpa henti selama 30 hari. Dengan kemudahan dalam memperoleh penghasilan, aplikasi Helo menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penggunaan bisnis pada aplikasi Helo lebih dalam, baik dari segi pendaftran, misi dan bonus aplikasi Helo, serta konsep akad yang digunakan pada bisnis aplikasi Helo menurut perspektif hukum Islam. Adapun rumusan masalah ini difokuskan bagaimana praktik bisnis pada aplikasi penghasil uang Helo? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik bisnis pada aplikasi uang Helo?
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu hukum normatif-empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis adalah praktik bisnis pada aplikasi Helo termasuk pada akad ju’alah, karena terdapat perjanjian atau komitemen dari pihak aplikasi atau developer untuk memberikan imbalan tertentu kepada pengguna aplikasi atas pencapaian hasil pekerjaan (natijah) yang ditentukan. Namun, dalam praktiknya terdapat penyelewengan-penyelewengan yang dilakukan oleh para pengguna saat memposting konten atau video di aplikasi Helo, yang mana konten atau video tersebut banyak mengandung unsur gosip dan hoax. Sehingga praktik bisnis yang dijalankan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan syarat akad ju’alah yang sah. Sah nya akad ju’alah apabila ketentuan syarat rukun ju’alah terpenuhi oleh kedua pihak, baik dari developer dan pengguna aplikasi Helo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ju’alah; Aplikasi helo; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Sep 2022 04:50
Last Modified: 03 Sep 2022 04:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16769

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics