Makna tradisi Merti Dusun di Dusun Sengon Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang

Chikmah, Nurul (2022) Makna tradisi Merti Dusun di Dusun Sengon Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1604016012_Nurul Chikmah_Lengkap] Text (Skripsi_1604016012_Nurul Chikmah_Lengkap)
1604016012_Nurul Chikmah_Lengkap Tugas Akhir - Nurul Chikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat dalam kehidupan sehari-hari selalu berkaitan dengan fenomena baik itu fenomena yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Salah satu fenomena yang ada di masyarakat adalah tradisi. Manusia dalam kehidupannya tidak lepas dari sebuah tradisi, hampir setiap lingkar kehidupannya terdapat tradisi. Salah satunya yaitu tradisi Merti Dusun di dusun Sengon desa Manggihan. Skripsi yang berjudul “Makna Tradisi Merti Dusun di Dusun Sengon Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang” merupakan tulisan yang membahas sebuah tradisi yang sudah melekat di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosesi tradisi Merti Dusun di dusun Sengon, untuk mengetahui makna-makna yang terkandung dalam tradisi Merti Dusun. Adapun dalam metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan metode pengumpulan data dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian penulis menganalisis data tersebut dengan pendekatan deskriptif, kualitatif dan fenomenologis.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa tradisi merti dusun dilaksanakan sekali dalam setahun pada hari senin wage bulan Jumadil Awal. Prosesi tradisi merti dusun dilaksanakan di rumah kepala dusun pada pukul 10.00 WIB dengan uba rambe lengkap. Adapun makna dari pelaksanaan tradisi merti dusun yaitu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat dan rezeki-Nya. Selain itu, tradisi Merti Dusun juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi. Dengan melaksanakan tradisi merti dusun masyarakat berharap agar kehidupannya lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Merti dusun; Fenomenologi; Local wisdom
Subjects: 300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:18
Last Modified: 13 Sep 2022 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16803

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics