Konsep etika pramuka dan relevansinya dengan nilai etika Al-Mawardi dalam kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din

Muflich, Ratna Mutiara Ramadhan (2022) Konsep etika pramuka dan relevansinya dengan nilai etika Al-Mawardi dalam kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of skripsi_1704016030_Ratna Mutiara Ramadhan Muflich_Lengkap] Text (skripsi_1704016030_Ratna Mutiara Ramadhan Muflich_Lengkap)
1704016030_Ratna Mutiara Ramadhan Muflich_Full Skripsi - Mutiara Muflich.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini ternspirasi oleh isu-isu yang diidentifikasi dengan kemerosotan moral yang masih terjadi di mana-mana. Berbagai upaya dari pemerintah telah di lakukan untuk meyelesaikan masalah ini, salah satunya adalah dengan memajukan pendidikan karakter melalui program wajib ekstrakulikuler pramuka salah satunya di sekolah. Pramuka merupakan organisasi yang sangat besar di Indonesia yang dirasakan oleh dunia, yang pertama kali di bawa oleh Boden Powell dan dikembangkan diseluruh dunia. Di dalam pramuka ada namanya kode etik pramuka yaitu norma-norma atau kebiasaan-kebiasaan anggota pramuka dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Demi kemajuan generasi anak muda dan memberi banyak pengalaman. Adapun skripsi ini ialah meneliti tentang konsep etika pramuka dalam poin-poin dasa dharma yang berkaitan dengan etika al-Mawardi dalam kitabnya “Adab ad-Dunya wa ad-Din”.
Untuk itu peneliti berusaha melihat masalah tersebut melalui penelitian kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui Teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu mengakumulasi data dan menyusun data kemudian di analisis interpretasi terhadap dua data, sehingga dapat di gambarkan lengkap dan menyeluruh.
Hasil penelitian menunjukan bahawa terdapat keterkaitan antara nila-nilai kepramukaan yang ada pada dasa dharma dengan nila-nilai etika al-Mawardi dalam kitabnya “Adab ad-Dunya wa ad-Din” walapun tidak semuanya relevan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika; Pramuka; Adab Ad-Dunya wa Ad-Din; Al-Mawardi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:54
Last Modified: 15 Sep 2022 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics