Nilai-nilai kepedulian sosial dalam buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti sekolah dasar

Sapittri, Devis (2021) Nilai-nilai kepedulian sosial dalam buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti sekolah dasar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1903018112_Devis_Sapittri] Text (Tesis_1903018112_Devis_Sapittri)
Tesis_1903018112_Devis_Sapittri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan nilai-nilai kepedulian sosial dalam bentuk narasi maupun gambar yang ada dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD kelas I sampai VI. Unit analisis dalam penelitian ini adalah muatan nilai kepedulian yang tersebar dalam semua bagian buku. Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu dengan menganalisis secara cermat dan pencatatan tentang muatan nilai-nilai kepedulian sosial yang ada dalam buku teks. Analisis data dilakukan pada redaksi istilah atau bahasa, kata, kalimat dan gambar yang ada dalam buku PAI-BP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Muatan materi nilai-nilai kepedulian sosial dalam buku teks Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SD mencakup 8 nilai yaitu nilai simpati empati, tolong menolong, kerjasama, toleransi, sopan santun, tidak menyakiti, berbagi dan kegiatan sosial. Nilai-nilai tersebut tersaji dalam bentuk narasi dan gambar yang dapat menarik perhatian siswa serta sesuai dengan perkembengan peserta didik. Ketersediaan nilai-nilai kepedulian sosial dengan komponen buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD tersedia dengan sangat baik. Nilai yang paling mendominasi di antara kedelapan nilai tersebut yaitu nilai tidak menyaikiti yang terdapat di setiap materi pokok. Dengan adanya keberlimpahan nilai yang termuat dalam buku tersebut, maka diharapkan peserta didik memiliki kebiasaan hidup untuk mau peduli dan berempati terhadap sesama, selalu tanggap terhadap teman yang kesulitan dan keadaan di sekitar.

ABSTRACT:
This study aims to analyze the content of social care values in this form of narratives and pictures contained in the book Islamic religious education and Budi Pekerti of elementary schools. The research method uses content analysis with qualitative approach. The sources of the data research the Islamic religious education and Budi Pekerti for Elementary School grades I to VI. The unit of analysis in this study is the content of the social care values spread in all parts of the book. Data collection was carried out by examining documents, that is by carefully analyzing and recording the content of the social care values the text book.. data analysis was carried out on the editorial of terms or language, words, sentences and pictures in the PAI-BP books. The results of the research shows that the material content of social care values in Islamic Religious Education (PAI) textbooks and elementary character education includes 8 values, namely the value of empathy, sympathy, helping, cooperation, tolerance, courtesy, not hurting, sharing and social activities. These values are found in aspects of Aqidah, Morals, Al-Qur'an Hadith, History and Fiqh. The availability of social care values with components of Islamic Religious Education and Elementary School Character Education books is very well available. The most dominating value among the eight values is the non-harmful value contained in each subject matter. With the abundance of values contained in the book, it is hoped that students will have the habit of living to care and empathize with others, always be responsive to friends who are having difficulties and the circumstances around them.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai kepedulian sosial; Pendidikan Agama Islam; Buku teks; Sekolah dasar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:30
Last Modified: 16 Sep 2022 08:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16824

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics