Tradisi tingkep tandur masyarakat Jawa dalam etika lingkungan Sonny Keraf : study kasus di Desa Sendangdawung, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal

Fradilla, Fatikha Rizqi (2021) Tradisi tingkep tandur masyarakat Jawa dalam etika lingkungan Sonny Keraf : study kasus di Desa Sendangdawung, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1704016064_Fatikha Rizqi Fradilla_Lengkap] Text (Skripsi_1704016064_Fatikha Rizqi Fradilla_Lengkap)
1704016064_FATIKHA RIZQI FRADILLA_TUGAS AKHIR - Fatikha rizqi f.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tradisi Tingkep Tandur merupakan sebuah upacara selamatan yang dilakukan oleh para petani dan biasanya dilaksanakan ketika padi berusia 50 hari yang mana selamatan tersebut bertujuan untuk berdoa demi proses kelancaran tanaman serta rasa syukur petani sebelum panen serta harapan terhindar dari hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman. Tradisi ini merupakan sebuah apresiasi hasil kerja masyarakat yang didapatkan dari hasil bumi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan Field Research. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi. Sumber data didapatkan dari para informan seperti Sesepuh, Perangkat Desa, Masyarakat dan juga buku dan jurnal ilmiah yang menunjang. Analisis data yang digunakan untuk menarik kesimpulan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan teori etika lingkungan Sonny Keraf. Dari hasil penelitian menunjukkan jika terdapat beberapa proses dalam Tingkep Tandur ini diantaranya tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Aspek etika lingkungan dan wujud penerapannya. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah tradisi Tingkep Tandur ini merupakan sebuah warisan nenek moyang yang masih dilestarikan oleh masyarakat Desa Sendangdawung. Jika dilihat dari perspektif etika lingkungan Sonny Keraf pelaksanaan tradisi ini tidak hanya sebagai wujud pelestarian lingkungan tapi juga sebagai sarana untuk melestarikan, merawat, menghormati dan menjaga lingkungan dan ekosistem alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Tingkep tandur; Etika lingkungan; Sonny Keraf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Sep 2022 06:55
Last Modified: 17 Sep 2022 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16846

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics