Relevansi konsep probabilitas dan pengetahuan David Hume pada muhasabah diri

Hidayatullah, Mohammad Rois Huda (2021) Relevansi konsep probabilitas dan pengetahuan David Hume pada muhasabah diri. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1704016087_Mohammad Rois Huda Hidayatullah_Lengkap] Text (Skripsi_1704016087_Mohammad Rois Huda Hidayatullah_Lengkap)
1704016087_Mohammad Rois Huda Hidayatullah_Full skripsi - AnaQ Nada.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini membahas tentang probabilitas serta pengetahuan David Hume, dan konsep probabilitas untuk muhasabah diri dalam kehidupan, Pentingnya untuk mempelajari suatu kejadian yang akan datang dengan pengalaman-pengalaman yang ada saat ini untuk hidup kedepannya yang lebih baik. Skripsi ini mengambil metodologi pendekatan kualitatif jenisnya Library Research ataupun riset kepustakaan. Metode pengumpulan datanya dengan metode dokumentasi ialah mengumpulkan segala informasi serta data yang berkaitan dengan riset skripsi ini. Metode analisis informasi memakai analisis informasi kualitatif untuk mengkaji serta setelah itu dianalisis serta disimpulkan. Hasil penelitian skripsi ini adalah probabilitas dan pengetahuan bahwa Teori hume, pengetahuan itu bersumber dari pengalaman yang diterima oleh kesan inderawi. Hal demikian mendorong bagi kita, bahwa untuk menemukan sebuah pengetahuan kita memerlukan pengalaman dalam menjalani kehidupan perlu kejadian-kejadian yang nyata dan berdasarkan pengalaman tersebut kita harus mengecek kebenaran yang terjadi. Karena sesuatu yang terjadi belum tentu benar dan perlu pengulangan-pengulangan untuk megecek kebenaran tersebut. Relevansi konsep probabilitas dan pengetahuan dalam muhasabah adalah pengetahuan itu berasal dari muhasabah. Pengalaman itu berasal dari indera atau kebenaran adalah sesuatu yang sesuai dengan pengalaman manusia. pengetahuan adalah sesuatu yang didasarkan pada dunia pengamatan dan eksperimen, dalam muhasabah diri kita perlu pengalaman dari masa lalu karena masa lalu sebagai acuan dasar untuk memperbaiki diri. Perbaikan diri adalah bagian dari proses kehidupan. Karena muhasabah adalah cara evaluasi dan membersihkan diri sendiri dari kesalahan yang telah diperbuat karena probabilitas adalah acuan dalam segala perbuatan yang telah kita jalani. Dari muhasabah tersebut kita perlu pengalaman dari masa lalu karena masa lalu sebagai acuan dasar untuk memperbaiki diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Probabilitas;, Muhasabah; David Hume
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.41 Sufi theology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Sep 2022 07:19
Last Modified: 17 Sep 2022 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16852

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics