Dukungan sosial antar tuna netra dan relevansinya dengan pengembangan bimbingan dan konseling Islam : studi kasus di Yayasan Sahabat Mata Semarang

Habibah, Umi (2021) Dukungan sosial antar tuna netra dan relevansinya dengan pengembangan bimbingan dan konseling Islam : studi kasus di Yayasan Sahabat Mata Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401016116_UMI HABIBAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401016116_UMI HABIBAH_SKRIPSI LENGKAP)
1401016116_UMI HABIBAH_FULL_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Umi Habibah (1401016116): Dukungan Sosial antar Tuna Netra dan Relevansinya dengan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Islam (Studi Kasus di Yayasan Sahabat Mata Semarang). Skripsi Program Strata 1 Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. 2021.
Skripsi ini dilatarbelakangi atas kesamaan kondisi yang dialami oleh penyandang tuna netra yang menjadi ketertarikan peneliti untuk mengkaji dukungan sosial penyandang tuna netra. Di sini peneliti mengaitkan dengan Bimbingan dan Konseling Islam yaitu sebagai salah satu metode yang membantu penyandang tuna netra dalam memahami kompleksitas masalah atau beban yang dirasakan karena kondisi yang berbeda dengan orang pada umumnya.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (A) Bagaimana dukungan sosial antar tuna netra di yayasan sahabat mata Mijen Semarang? (B) Bagaimana relevansi dukungan sosial dengan pengembangan Bimbingan dan Konseling Islam?. Adapun dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dengan subjek yang diteliti adalah penyandang tuna netra di Yayasan Sahabat Mata Semarang dan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah dukungan sosial antar tuna netra dan relevansinya dengan Bimbingan dan Konseling Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Dukungan sosial dalam komunitas sahabat mata terdapat dalam fasilitas yang diberikan berupa gedung, asrama, studio radio, pesantren tahfidz, perpustakaan, dan wifi untuk akses internet. Selain fasilitas juga terdapat kegiatan bimbingan ataupun pelatihan/ seminar yang di adakan/ diikuti oleh komunitas sahabat mata. 2). Relevansi dukungan sosial antar penyandang tuna netra dengan pengembangan Bimbingan dan Konseling Islam yaitu adanya kesamaan dalam pendekatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan individu dan kelompok. Pendekatan individu dilakukan dengan metode secara langsung melalui kegiatan dialog interaktif antar tuna netra yang dilakukan setelah sholat berjama’ah setiap hari ba’da maghrib. Ataupun metode secara tidak langsung seperti melalui radio, mendengarkan buku bicara dan mengakses internet. Sedangkan pendekatan kelompok dilakukan setiap hari kamis malam yang biasanya menggunakan metode ceramah/ pemberian nasehat-nasehat. Adapun materi yang digunakan dalam ceramah berdasarkan ayat Al-Qur’an yang dibacakan salah satu penyandang tuna netra.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial; Tuna netra; Bimbingan dan koseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:08
Last Modified: 03 Oct 2022 01:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16862

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics