Etika anak kepada orang tua : studi komparaitf antara etika Islam dan Buddha

Arzak, Fadil Fatkhul (2022) Etika anak kepada orang tua : studi komparaitf antara etika Islam dan Buddha. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1704036012_Fadil Fatkhul Arzak_Lengkap] Text (Skripsi_1704036012_Fadil Fatkhul Arzak_Lengkap)
1704036012_Fadil Fatkhul Arzak_Full Skripsi - Fadil Fatkhul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Etika Anak kepada Orang tua (Studi Komparatif antara Etika Islam dan Buddha). Etika merupakan sebuah pengetahuan yang membahas perilaku baik dan buruk, benar atau salah dalam segala kegiatan manusia. Etika anak kepada kedua orang tua merupakan hal yang bersifat mengikat dalam tiap anak yang telah dilahirkan didunia, karena jasa orang tua yang begitu besar kepadanya. Hal tersebut juga telah tertulis dalam Al-Quran maupun Hadis dan Tripitaka dalam kaidah dasar etika anak kepada orang tua dalam Islam maupun Buddha. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui konsepsi-konsepsi yang ada dalam kedua agama tersebut tentang etika anak kepada orang tua, yang mana hal tersebut merupakan sebuah kewajiban bagi seorang yang beragama. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang menggunakan bahan-bahan yang bersifat literatur sebagai data yang mendukung penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif deskriptif, yaitu membandingkan kedua ajaran Islam dan Buddha yang berkaitan dengan etika anak kepada orang tua, lalu menganalisa persamaan ataupun perbedaan diantara keduanya, sehingga dapat dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah penjabaran konsep etika anak kepada orang tua dalam Islam dan Buddha beserta implementasi dari etika anak kepada orang tua, sehingga diketahui persamaan maupun perbedaan konsep etika anak kepada orang tua yang ada didalam kedua agama tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika; Islam; Buddha
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.28 Islam and other believes
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:11
Last Modified: 19 Sep 2022 06:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics