Terapi sufistik melalui SEFT : studi analisis buku Spiritual Emotional Freedom Technique karya Ahmad Faiz Zainuddin

Hudaefi, Ahmad Arikza (2021) Terapi sufistik melalui SEFT : studi analisis buku Spiritual Emotional Freedom Technique karya Ahmad Faiz Zainuddin. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1404046058_Ahmad Arikza Hudaefi_Lengkap] Text (Skripsi_1404046058_Ahmad Arikza Hudaefi_Lengkap)
1404046058_AHMAD ARIKZA HUDAEFI_SKRIPSI FULL - Ahmad Arikza Hudaefi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya inti masalah yang dialami manusia adalah keadaan kejiwaan seseorang tersebut, dalam satu kondisi kejiwaan mereka berada pada titik ground yang rendah penuh dengan kemarahan, rasa ketidakmampuan, keluh kesah, keiridengkian, dendam, negative thinking, sakit hati, dan sombong. Seseorang mudah mengalami stres dalam menjalani kehidupannya bahkan mengalami depresi, gangguan jiwa sampai kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka membutuhkan konseling Islam berupa penetralan atau grounding yaitu suatu metode penetralan yang diterapkan sebagai efek proses penyucian jiwa (tazkiyah an-nafs) baik secara fisik, emosi, spiritual, dan sosial untuk menuju kehidupan yang sehat. Proses penetralan pada jiwa narapidana membutuhkan sebuah pelatihan yaitu pelatihan mengolah jiwa atau pelatihan menata hati dengan SEFT.
Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana terapi sufistik melalui SEFT dalam Buku Spiritual Emotional Freedom Technique karya Ahmad Faiz Zainuddin?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis terapi sufistik melalui SEFT dalam Buku Spiritual Emotional Freedom Technique karya Ahmad Faiz Zainuddin
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis, dengan sumber data primer yaitu buku Spiritual Emotional Freedom Technique karya Ahmad Faiz Zainuddin dan sumber data sekunder yaitu buku, jurnal dan artikel tentang terapi sufistik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah library research. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode content analysis dan metode deduktif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: terapi sufistik melalui SEFT dalam Buku Spiritual Emotional Freedom Technique karya Ahmad Faiz Zainuddin ditekankan pada 5 unsur penting yaitu yakin, khusyu, keikhlasan, kepasrahan dan rasa syukur melalui teknik The set-up, The tune-in, The tapping sehingga dapat menyembuhkan seseorang dari berbagi penyakit melalui kekuatan emosi dan spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terapi sufistik; SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique); Ahmad Faiz Zainuddin
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:42
Last Modified: 20 Sep 2022 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics