Proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putra - Putri Al-Hasaniyyah Kedawon Rengas Pendawa Larangan Brebes

Firdaus, A’isy Hanif (2021) Proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putra - Putri Al-Hasaniyyah Kedawon Rengas Pendawa Larangan Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1604026090_A’isy_Hanif_Firdaus] Text (SKRIPSI_1604026090_A’isy_Hanif_Firdaus)
SKRIPSI_A_ISY_HANIF_FIRDAUS_-_1604026090 - Aisy Hanif firdaus.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ‘’Proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putra-Putri Al-Hasaniyyah Kedawon Rengaspendawa Larangan Brebes.’’ Kegiatan proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Kedawon Rengaspendawa Larangan Brebes dimulai sejak tahun 1997 hingga saat ini. Adapun yang menjadi awal permasalahan penulisan penelitian ini, karena ketertarikan penulis menentukan objek penelitian yang terkait dengan living Qur’an sebagai upaya penulis ingin mengetahui lebih mendalam proses menghafal Al-Qur’an. Serta untuk memahami dasar metode menghafal Al-Qur’an bagi santri di Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Kedawon.
Fokus pembahasan dengan alasan mendasar terkait bagaimana proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Kedawon dan mengapa proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Kedawon dilakukan. Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif tertulis serta tingkah laku yang dapat diamati. Berhubungan penelitian ini penulis dalam menggumpulkan data menggunakan beberapa metode seperti wawancara dengan pihak yang berkaitan selain itu juga menggunakan metode observasi yang dikerjakan secara langsung terjun ke tempat penelitian. Dan yang terakhir menggunakan metode dokumentasi dengan mengambil gambar-gambar, merekam semua aktifitas dalam kegiatan yang terlibat. Dalam hal ini, berupa pembacaan basmalah sebanyak 786 kali yang dilakukan para santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Kedawon.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Kedawon dengan menggunakan metode tasmi’ sangat bermanfaat dan mampu meningkatkan kualitas hafalan santri penghafal Al-Qur’an. Waktu Pelaksanaan proses menghafalkan Al-Qur’an dilaksanakan di masjid Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Kedawon dengan diawali membaca bismillah sebanyak 786 kali sebagai upaya untuk memperlancar dan menguatkan hafalan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tahfid; Pesantren Al-Hasaniyyah; Al quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 20 Sep 2022 09:26
Last Modified: 20 Sep 2022 09:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics