Khilafah dalam Al-Qur’an menurut mufassir Indonesia dan implementasinya

Hikmah, Izza Azmiatul (2021) Khilafah dalam Al-Qur’an menurut mufassir Indonesia dan implementasinya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1604026126_Izza_Azmiatul_Hikmah] Text (SKRIPSI_1604026126_Izza_Azmiatul_Hikmah)
(1604026126) Izza Azmiatul Hikmah Tugas Akhir Lengkap - Izza Azmiatul Hikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa upaya yang dilatarbelakangi suatu pemikiran para mufassir Indonesia untuk menanamkan sebuah pemahaman terhadap makna khilafah dalam Al-Qur’an pada seluruh umat di Dunia khususnya kepada masyarakat Indonesia. Tak jarang masyarakat Indonesia menyadari bahwa keutuhan dan kekuatan Negara ini karena dibangun karna suatu kepemimpinan yang di desain mutlak dari Tuhan. Namun, tidak sedikit pula orang yang beranggapan bahwa kemajemukan ini merupakan hal yang harus dimusnahkan.. Dilakukannya penilitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Khilafah dalam Al-Qur’an menurut Mufassir Indonesia dan Implementasinya.
Dalam prosesnya, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian study pustaka dengan fokus penelitian kualitatif yang berkaitan dengan konsep kegiatan library research. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan buku-buku dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan judul yang penulis teliti. Data primer bersumber dari kitab-kitab tafsir seperti Tafsir Al-Misbah, tafsir Al-Azhar dan tafsir Al-Ibriz, dan data sekunder bersumber dari buku, jurnal penelitian.
Setelah diteliti, penulis menemukan sebuah titik kunci terhadap terwujudnya suatu konsep tentang Khilafah Dalam Al-Qur’an Menurut Mufassir Indonesia Dan Implementasinya. Adapun konsep dalam mengimplementasikan khilafah terhadap negara Indonesia yaitu dengan membentuk suatu pergerakan-pergerakan Islam, membentuk Pancasila dan UUD.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Khilafah; mufassir Indonesia; Bisri Mustofa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 20 Sep 2022 10:00
Last Modified: 05 Oct 2022 04:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16884

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics