Strategi dakwah KH. Moch Sapari di Perumahan Pandana Merdeka Bringin Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Mahmud, Sulkhan (2022) Strategi dakwah KH. Moch Sapari di Perumahan Pandana Merdeka Bringin Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501036011_Sulkhan_Mahmud] Text (Skripsi_1501036011_Sulkhan_Mahmud)
Skripsi_1501036011_Sulkhan_Mahmud.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sulkhan Mahmud (1501036011), Strategi Dakwah KH. Moch Sapari di Perumahan Pandana Merdeka Bringin Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri Walisongo Semarang 2022.
Strategi dakwah perannya sangat penting dalam pergerakan dakwah, karena strategi dakwah merupakan proses menentukan beberapa cara baik perorangan maupun kelompok untuk menghadapi mad’u atau sasaran dakwah yang berada dalam situasi dan kondisi tertentu, untuk mencapai tujuan dakwah tersebut secara maksimal. Salah satu dakwah yang bersifat perorangan adalah dakwahnya Kyai atau Ustadz di suatu wilayah. Kyai diposisikan sebagai tokoh yang memiliki keunggulan dalam ilmu pengetahuan tentang agama di dalam masyarakat. Seorang kyai diharapkan mampu memahami kondisi dan situasi masyarakat sebelum melakukan dakwahnya, karena perubahan secara kulturan dan sosial agama pada masyarakat terus terjadi. Perubahan ini juga terjadi di Perumahan Pandana Merdeka Bringin Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Melalui strategi dakwah dengan diadakannya kegiatan-kegiatan keagamaan dianggap lebih tepat bagi kyai untuk mewujudkan masyarakat yang lebih baik.
Tujuan dari penilitian ini yakni untuk mengetahui strategi dakwah KH. Moch Sapari di Perumahan Pandana Merdeka Bringin Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam keberhasilan dakwah KH. Moch Sapari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah strategi dakwah yang digunakan oleh KH. Moch Sapari adalah: 1. Strategi dakwah tilawah yaitu dengan ceramah, seperti khutbah di sholat jum’at, ceramah di acara pengajian rutin. 2. Strategi tazkiyah yaitu dengan aspek kejiwaan seperti Pengajian Manaqib, Pengajian Maulid Nabi, dan Sholat Tasbih. 3. Strategi dakwah ta’lim yaitu dakwah yang dilakukan secara formal dan sistematis seperti TPQ dan pengajian malam ahad. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam keberhasilan dakwah KH. Moch Sapari
adalah: 1. Faktor pendukung yaitu a. Secara umum faktor yang medukung dakwah KH. Moch Sapari adalah adanya fasilitas tempat ibadah yang berupa masjid. b. Secara khusus faktor yang mendukung dakwah KH. Moch Sapari adalah mendapat dukungan dari masyarakat Perumahan Pandana Merdeka. Dalam hal ini dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang beliau lakukan sangat tinggi. 2. Faktor penghambat yaitu faktor yang menghambat strategi dakwah KH. Moch Sapari adalah adanya oknum di tengah-tengah masyarakat Perumahan Pandana Merdeka. Oknum ini adalah sekelompok orang yang munafiq, yaitu orang yang didepan seolah olah mengikuti ajaran beliau tetapi dibelakang menyebarkan rumor yang tidak baik terhadap beliau. Selain itu, faktor yang lain yang menghambat adalah masih ada masyarakat yang berfikir negativtinking.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; KH. Moch Sapari
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:08
Last Modified: 28 Sep 2022 01:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16912

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics