Dakwah bagi penyandang disabilitas tunanetra di Majlis Difabel Kota Semarang

Ramadhan, Kurnia Adika (2022) Dakwah bagi penyandang disabilitas tunanetra di Majlis Difabel Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026005_Kurnia_Adika_Ramadhan] Text (Skripsi_1501026005_Kurnia_Adika_Ramadhan)
Skripsi_1501026005_Kurnia_Adika_Ramadhan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (179kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi dakwah bagi penyandang disabilitas tunanetra di Majlis Difabel Kota Semarang; dan (2) untuk mengetahui respon penyandang disabilitas tunantera terhadap implementasi dakwah di Majlis Difabel Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis dari Milles dan Huberman dengan tahpan-tahapan reduksi data, penyajian/display data, dan dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para da‟i dalam penyelengaaraan dakwah bagi penyandang disabilitas tuntanetra di Majlis Difabel Kota Semarang menggunakan beberapa langkah, yakni (1) penamaan tema, materi, metode dakwah; (2) persiapan tema, materi, metode dakwah; (3) sikap dan tindakan dai dalam dakwah; (4) pengaturan da’i; (5) pengontrolan da’i; dan (6) penilaian da’i. Sementara itu, respon peserta dalam penyelengaaraan da’wah bagi penyandang difabel tuntanetra di Majlis Difabel Kota Semarang menggunakan beberapa sikap: (1) menyambut dengan antusis; (2) menghadiri penyelenggaraan dakwah; (3) mendukung penyelenggaraan dakwah; (4) mengajukan pertanyaan kepada da‟i; (5) bersedia menjawab pertanyaan dari da’i; dan (6) melakukan kompromi dengan menceritakan pengalaman. Implementasi dakwah bagi penyandang disabilitas tunanetra di Majlis Difabel Kota Semarang disiapkan dengan baik oleh para da‟i dibantu oleh pengurus dan penyelenggara sehingga mampu menciptakan dakwah yang mampu diterima dan direspon dengan baik dan antusias oleh para penyandang disabilitas tunanetra di Majlis Difabel Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Disabilitas; Majlis Difabel; Tunanetra
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:09
Last Modified: 28 Sep 2022 01:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16913

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics