Analisis pesan dakwah dalam film Munafik 1

Rakhmawati, Nur Indah (2022) Analisis pesan dakwah dalam film Munafik 1. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Negeri Islam Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026012_Nur_Indah_Rakhmawati] Text (Skripsi_1501026012_Nur_Indah_Rakhmawati)
Skripsi_1501026012_Nur_Indah_Rakhmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (984kB)

Abstract

Film sebagai media penyampaian pesan dakwah. Film sendiri merupakan media yang dapat memberikan manfaat yang positif bagi kehidupan manusia. Film merupakan salah satu alternatif dakwah yang efektif. Dengan kemajuan teknologi zaman sekarang pemanfaatan media tersebut bisa dikatakan cukup efektif, seiring dengan perkembangan perfilman saat ini menimbulkan peningkatan antusiasme para pembuat film dalam memproduksi karya terbaikknya
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana analisis film munafik sebagai media dakwah. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif menggunakan teknik analisis model Klaus Krippendoorf. Penelitian ini berusaha menggambarkan situasi atau kejadian. Data yang dikumpulkan semata-mata hanya bersifat deskriptif sehingga tidak bermaksud mencari penjelasan, menguji hipotesis, membuat prediksi, maupun mempelajari implikasi. peneliti menggunakan data primer. Data primer yaitu data utama sebuah penelitian, yaitu berupa film yang berjudul Munafik karya Syamsul Yusof yang diproduksi oleh Skop Production dengan durasi 98 menit.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dakwah melalui film, melalui pengemasan film sebagai media dakwah dapat menarik penonton dikarenakan kekuatan film sebagai hiburan bagi masyarakat. Sebagaimana dakwah melalui film munafik ini. Meskipun film ini bergenre horor namun film ini tidak hanya menyuguhkan kesan seram saja melainkan banyak materi pesan dakwah yang bisa diambil hikmahnya oleh penontonnya. Analisis pesan dakwah yang terkandung dalam film Munafik 1 meliputi pesan Akhlak berupa Akhlak tercela seperti sifat dan ciri-ciri orang munafik, dan juga tipu daya jin yang dapat menyesatkan umat manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Film; Munafik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:07
Last Modified: 28 Sep 2022 01:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16915

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics