Aktivitas keagamaan club motor Bikers Muslim Kota Semarang

Yanuardy, Prasetya (2022) Aktivitas keagamaan club motor Bikers Muslim Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501036017_Yanuardy_Prasetya] Text (Skripsi_1501036017_Yanuardy_Prasetya)
Skripsi_1501036017_Yanuardy_Prasetya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Yanuardy Prasetya (1501036017). Penelitian ini berjudul “Aktivitas Keagamaan Bikers Muslim Kota Semarang”. Program Strata 1 Manajemen Dakwah Faakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang 2022. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Keagamaan Club Motor Bikers Muslim Kota Semarang, faktor pendukung dan penghambatnya, serta nilai dakwah yang ada didalam setiap aktivitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik, sedangkan spesifikasi yang digunakan adalah deskriptif, dan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan diperoleh dari pengurus Yayasan Aulia Sapuro dan kepustakaan yang terkait dengan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Bikers Muslim Kota Semarang menjadi wadah bagi bikers yang ingin mempelajari ilmu agama lebih dalam, namun tanpa menghilangkan jatidiri mereka sebagai seorang Bikers. Berbeda dengan club-club motor lain diluar sana, untuk mencapai tujuannya Bikers Muslim melaksanakan kegiatan atau aktivitas-aktivitas keagamaan, tidak hanya aktivitas duniawi. Aktivitas keagamaan yang dilakukan Bikers Muslim Kota Semarang sudah berjalan dengan cukup baik, berdasarkan fungsi-fungsi manajemen sebagai proses melaksanakan aktivitasnya. Dalam melaksanakan aktivitas keagamaannya, Bikers Muslim memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami. Salah satu faktor pendukungnya adalah para anggota yang sudah akrab seperti saudara sendiri serta aktivitas mereka yang diterima dengan baik dilingkungan masyarakat. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu dari pendanaan yang masih sering dari iuran anggota, walaupun terkadang ada donatur, namun masih terbatas, dan calon anggota yang fleksibel keluar masuk.
Setelah melaksanakan aktivitas keagamannya, serta menghadapi faktor pendukung dn penghambat, ada nilai dakwah yang didapat. Yaitu nilai silaturahim, nilai kedermawanan, nilai pemahaman agama, nilai syukur dan nilai ikhlas. Kesimpulannya adalah Club Motor Bikers Muslim dalam rangka mewujudkan tujuannya menjadi wadah bikers untuk mengenal islam lebh dalam sudah berjalan dengan baik, dengan menjalankan fungsi-fungsi manajemen. Berbagai faktor pendukung dan penghambat dapat dijadikan penunjang dan mampu diselesaikan dengan baik dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, agar mendapatkan nilai-nilai dakwah yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas keagamaan; Nilai dakwah; Club Motor
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 28 Sep 2022 00:53
Last Modified: 28 Sep 2022 00:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16916

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics