Manajemen kegiatan keagamaan Pondok Pesantren Miftahul Huda Grobogan

Maulidudin, Muhammad Nur Izza (2022) Manajemen kegiatan keagamaan Pondok Pesantren Miftahul Huda Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501036035_Muhammad_Nur_Izza_Maulidudin] Text (Skripsi_1501036035_Muhammad_Nur_Izza_Maulidudin)
Skripsi_1501036035_Muhammad_Nur_Izza_Maulidudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Nur Izza Mauliddudin (1501036035), Manajemen Kegiatan Keagamaan Pondok Pesantren Miftahul Huda Grobogan. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang 2022.
Manajemen adalah hal yang penting bagi suatu lembaga dakwah khsusnya dalam lembaga pondok pesantren, juga dalam mengatur kegiatan keagamaannya. Maka dibutuhkan nya kegitan manajemen di kegiatan keagamaan agar kegiatan tersebut bisa dikelola dengan efisien dan sesuai dengan harapan. Dan pembahasan disini difokuskan dalam manajemen kegiatan keagamaan di pondok pesantren Miftahul Huda Grobogan. Pondok pesanren ini merupakan lembaga dakwah dibidang pendidikan yang berafiliasi dengan Al-khidmah, yaitu majlis dzikir yang berkiblat pada toriqoh Qodiriyah an naqsabandiyah dan juga yang berkiblat dengan pondok pesantren al fitrah kedinding surabaya yang didirikan oleh K.H. Asrori Al Ishaqi. Dan juga sebagian kegiatan di pondok pesantren ini langsung bersinggungan dengan msyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan keagamaan dan manajemen kegiatan keagamaan di pondok pesantren Miftahul Huda Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data seperti teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, dalam kegiatan keagamaan yang ada di pondok pesantren Miftahul Huda dibagi menjadi (3) tiga bagian yaitu (1) Syi’ar yaitu kegiatan keagamaan yang bersifat majelis yang langsung bersinggungan dengan masyarakat atau melibatkan masyarakat langsung,(2) wadlifah yaitu kegiatan yang bersangkutan langsung dengan Allah swt, baginda rosulullah Muhammad saw, sulthanul aulia’ syaikh abdul qadir al jailani, dan Hadratussyaikh K.H. Ahmad asrori alishaqi, (3) pendidikan yaitu kegiatan keseharian yang bersifat pengajian kitab kuning. Kedua, dalam manajemen kegiatan keagamaan yang didalamnya terdapat fungsi-fungsi manajemen yaitu: 1) planning (perencanaan), yaitu dengan melakukan perumusan tujuan yang dilakukan, pemilihan program dan pengarahan program, 2) organizing dengan melakukan pembuatan bagan organisasi, pembagian tugas dan pembagian wewenang, 3) actuating yaitu dengan cara pemberian motivasi, berkomunikasi dengan efektif dan menjalin hubungan, 4) Controling yaitu dengan melakukan pengawasan terhadap santri, melakukan pertemuan dan evaluasi.
Keempat fungsi tersebut dijalankan dengan baik oleh pondok pesantren Miftahul Huda Grobogan, hal ini dapat dilihat dari perkembangan sumber daya manusianya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kegiatan; Keagamaan; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 28 Sep 2022 00:51
Last Modified: 28 Sep 2022 00:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16917

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics