Resepsi khalayak terhadap program siaran Mutiara Hikmah di Batik TV Pekalongan

Qisthina, Dwi Sufa Nada (2022) Resepsi khalayak terhadap program siaran Mutiara Hikmah di Batik TV Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026016_Dwi_Sufa_Nada_Qisthina] Text (Skripsi_1501026016_Dwi_Sufa_Nada_Qisthina)
Skripsi_1501026016_Dwi_Sufa_Nada_Qisthina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Resepsi khalayak memiliki hubungan yang erat dengan eksistensi televisi. Posisi televisi lokal dengan berbagai program siaran yang diproduksi, khususnya pada program keagamaan memiliki distingsi diantara dominasi televisi swasta nasional dengan berbagai latar belakang yang ada. Televisi lokal hendaknya berusaha untuk mempertahankan eksistensinya melalui program siaran yang dapat diterima baik oleh khalayak. Batik TV merupakan bagian dari televisi lokal yang juga berusaha mempertahankan eksistensi tersebut, salah satunya melalui program siaran keagamaan yaitu Mutiara Hikmah. Program siaran ini tentunya dapat memunculkan tanggapan penerimaan pada khalayak dengan posisi yang berbeda-beda.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerimaan khalayak terhadap program siaran Mutiara Hikmah yang diproduksi oleh Batik TV Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang kemudian dikaji melalui pendekatan komunikasi berdasarkan kajian resepsi Stuart Hall. Sumber data penelitiannya yaitu sumber data primer dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara yang dilakukan dengan teknik purposive sampling serta menggunakan snowball sampling sebagai strategi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles Huberman yang dimulai dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa resepsi khalayak terhadap program siaran Mutiara Hikmah di Batik TV Pekalongan menempatkan khalayak pada tiga posisi yang berbeda, yaitu hegemoni dominan, negosiasi dan oposisi. Posisi negosiasi merupakan posisi yang mendominasi pada hasil penelitian ini, sehingga memberikan temuan bahwa terdapat kode-kode yang dinegosiasikan khalayak terhadap program siaran Mutiara Hikmah Batik TV Pekalongan, maka dalam hal ini khalayak Batik TV merupakan khalayak aktif yang memberikan pemikiran kritis terhadap penerimaan program siaran televisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Resepsi khalayak; Program siaran; Televisi; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:05
Last Modified: 28 Sep 2022 01:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16919

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics