Hubungan penghayatan pengamalan ajaran tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah dengan kesalehan sosial

Ma’ariv, Samsu (2021) Hubungan penghayatan pengamalan ajaran tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah dengan kesalehan sosial. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1704046068_Samsu Ma’ariv_Lengkap] Text (Skripsi_1704046068_Samsu Ma’ariv_Lengkap)
SKRIPSI FULL - samsul maarif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tarekat Qodiriyah wa Naqsbandiyah (TQN) merupakan lajnah keagamaan yang memiliki peran dalam mewujudkan kesalehan sosial. Dalam hal ini TQN bersinergi melakukan kedua kesalehan baik ritual maupun sosial melalui beberapa amalan yang ada didalam TQN. Kajian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat keaktifan pengamalan ajaran TQN di Dusun Cengis Belik Pemalang, (2) mengetahui kesalehan sosial jamaah welasan TQN di Dusun Cengis Belik Pemalang, (3) mengetahui pengaruh keaktifan pengamalan ajaran TQN di Dusun Cengis Belik Pemalang.
Adapaun metode yang dipakai dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasi, teknik pengumpulan datanya dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Kemudian data dianalisisdengan teknik analisis regresi linier sederhana menggunakan aplikasi SPSS versi 2.1 for window.
Berdasarkan output diatas, diketahui nilai signifikansi Sig.(2-tailed) sebesar 0,957, karena nilai Sig.(2-tailed) 0,957 > lebih besar dari 0,05. Maka artinya tidak ada hubungan yang signifikan diperoleh angka koefisien sebesar -0,008. Artinya tingkat kekuatan hubungan (korelasi). Angka koefisien pada hasil diatas, bernilai negatif yaitu -0,08 sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat negatif. Dengan demikian dapat diartikan bahwa penghayatan pengamalan ajaran Tarekat tidak memiliki hubugan dengan kesalehan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah; Kesalehan sosial; Dusun Cengis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.41 Sufi theology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:40
Last Modified: 27 Sep 2022 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16920

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics