Nilai-nilai qanaah dalam film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens

Salam, Ridwan Adzani (2022) Nilai-nilai qanaah dalam film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026032_Ridwan_Adzani_Salam] Text (Skripsi_1501026032_Ridwan_Adzani_Salam)
Skripsi_1501026032_Ridwan_Adzani_Salam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nilai-nilai Qanaah merupakan sebuah keyakinan yang dimiliki setiap individu terhadap suatu hal yang menunjukkan bahwa ia merasa cukup atas apa yang telah diusahakan dan dimilikinya. Salah satu ciri individu yang qana’ah adalah memiliki kepuasan terhadap hidupnya, kepuasan ini didapatkan ketika individu mampu mengevaluasi secara positif terhadap hal yang diperoleh dan terjadi dalam hidupnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai Qanaah dalam film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi menurut Krippendorff dengan enam tahapan analisis meliputi, pengunitan, penyamplingan, pencatatan, penyederhanaan, konteks (analisis) dan hasil. Dengan metode pengumpulan data teknik dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat aspek Qanaah, antara lain ; (1) Menerima dengan rela apa yang ada terdapat delapan adegan disertai dialog yang masing-masing berbeda scene dan durasinya, (2) Memohonkan kepada Allah tambahan yang pantas dan berusaha tedapat empat adegan disertai dialog yang masing-masing berbeda scene dan durasinya, (3) Menerima dengan sabar akan ketentuan Allah enam adegan disertai dialog yang masing-masing berbeda scene dan durasinya, dan (4) Tidak tertarik oleh tipu daya dunia tiga adegan disertai dialog yang masing-masing berbeda scene dan durasinya. Dari keempat aspek tersebut mempresentasikan kehidupan dunia yang wajib dijalani oleh umat manusia dengan ikhlas, lapang dada, bersyukur, tabah, taat kepada Allah dan bersabar sebagai kunci dalam menjalani kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Qanaah; Film; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 28 Sep 2022 00:47
Last Modified: 28 Sep 2022 00:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16921

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics