Pesan taubat dalam film “Haji Backpacker”

Maghfiroh, Khanif (2021) Pesan taubat dalam film “Haji Backpacker”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026036_Khanif_Maghfiroh] Text (Skripsi_1501026036_Khanif_Maghfiroh)
Skripsi_1501026036_Khanif_Maghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Film Haji Backpacker termasuk dalam kategori Film drama di Indonesia yang diproduksi Falcon Pictures. Disutradarai oleh Danial Rifki, film ini mengisahkan tentang seorang anak muda yang kecewa terhadap Tuhannya karena gagal menikah hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi backpacker ke berbagai negara. Kisah cinta memang menjadi salah satu penyebab terbesar seseorang menyepelekan aturan dan perintah agama. Terutama oleh anak muda. Di masa sekarang, banyak anak muda berperilaku negatif akibat patah hati. Ada yang minum-minuman keras, tawuran, balapan liar bahkan sex bebas. Pendidikan agama yang kuat menjadi hal sangat penting untuk dapat membentuk akhlak terpuji agar dapat menghindari terjadinya hal negatif.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pesan taubat dalam film “Haji Backpacker”. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber dan jenis data diperoleh dari data primer : soft file film. Data sekunder diperoleh dari : buku, jurnal, skripsi dan situs-situs yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data menurut Krippendorf.
Hasil penelitian pesan taubat dalam film “Haji Backpacker” ditunjukkan dari tokoh bernama Mada yaitu : takut kepada Allah, hati dan dirinya cenderung bertaubat kepada Allah SWT, bergaul dengan orang-orang yang saleh, berperilaku baik dari sebelumnya, menerima dengan tangan terbuka segala kebijakan, melakukan amar ma’ruf nahi munkar dan hatinya terjaga dari kelalaian meninggalkan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan; Taubat; Film; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 28 Sep 2022 00:41
Last Modified: 28 Sep 2022 00:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16925

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics