Pengaruh mendengarkan iklan layanan masyarakat keagamaan di Radio DAIS FM terhadap religiusitas pendengar

Fitria, Rizka Indah (2022) Pengaruh mendengarkan iklan layanan masyarakat keagamaan di Radio DAIS FM terhadap religiusitas pendengar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026038_Rizka_Indah_Fitria] Text (Skripsi_1501026038_Rizka_Indah_Fitria)
Skripsi_1501026038_Rizka_Indah_Fitria.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Iklan layanan masyarakat di radio Dais FM penting untuk ditelit karena dianggap mampu membawa manfaat bagi pendengarnya dengan mencakup nilai-nilai kemanusiaan, penyadaran, pendidikan dan nilai positif lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh mendengarkan Iklan Layanan Masyarakat di Radio DAIS FM terhadap religiusitas pendegar setia di Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan kuesioner atau angket. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan spss 16.0. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh mendengarkan Iklan Layanan Masyarakat di Radio DAIS FM terhadap religiusitas pendengar di Kota Semarang. Adapun sampel yang diampil 45 orang dari jumlah populasi 300 orang pendengar setia radio DAIS FM di Kota Semarang.
Hasil penelitian ini menyatakan adanya pengaruh mendengarkan Iklan Layanan Masyarakat di Radio DAIS FM terhadap religiusitas pendengar di Kota Semarang. Hal ini ditunjukan dengan perhitungan hasil uji t sebesar 4,529 > 1,689 yang artinya t hitung lebih besar dari t tabel . kemudian hasil signifikansi pada tabel ANNOVA menunjukan 0,00 jika dibandingkan dengan nilai a 0,05 maka nilai signifikan lebih kecil dari nilai a sehingga hipotesis dapat diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel X terhadap variabel Y dapat diketahui dengan melihat nilai R square pada tabel model summary. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh mendengarkan Iklan Layanan Masyarakat di Radio Dais FM sebesar 32,2%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Pendengar; Iklan Layanan Masyarakat; Keagamaan; Media dakwah; Radio dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 28 Sep 2022 00:39
Last Modified: 28 Sep 2022 00:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16927

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics