Analisis penerapan teknologi mobile collecting bagi anggota pada KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Magelang

Safia, Erika Hasna (2021) Analisis penerapan teknologi mobile collecting bagi anggota pada KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Magelang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015092_Erika Hasna Safia_Lengkap] Text (Tugas Akhir_1605015092_Erika Hasna Safia_Lengkap)
TUGAS AKHIR-Erika Hasna Safia-1605015092 - erika hasna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya teknologi Mobile Collecting yang ada pada KSPPS Tamzis Bina Utama selaku pelopor Mobile Collecting untuk lingkup Kopersi. Teknologi Mobile Collecting Tamzis yang baru saja dirilis untuk mempermudah serta memuaskan anggota KSPPS Tamzis Bina Utama dalam melakukan transaksi.
Persaingan dunia perbankan maupun lembaga keuangan lainnya menuntut KSPPS Tamzis Bina Utama untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan juga meningkatkan sistem-sistem internet lainnya seperti Mobile Collecting. Atau yang lebih dikenal dengan Tamzis Online. Mobile Collecting dalam dunia perbankan sangat diminati oleh nasabah. Hal inilah yang mendorong Tamzis untuk meluncurkan sistem terbarunya. Selain itu, Mobile Collecting juga berfungsi menginput data transaksi di lapanagan menggunakan scan barcode dari perangkat handphone, kemudian data tersebut dibaca oleh server untuk disimpan sesuai dengan bentuk transaksi. Data tersebut juga dapat terbaca pada software Tamzis Core System yang ada di perangkat Computer Kantor Cabang masing-masing, pada umumnya di lapangan.
Namun masih banyak anggota Tamzis yang kurang memahami dalam penggunaan Mobile Tamzis, oleh karena itu pihak Tamzis melakukan promosi-promosi baik melalui browsur, marketing, spanduk maupun media sosial. Tentang bagaimana penerepan Mobile Collecting, kegunaan, manfaat serta kemudahan yang didapat anggota ketika menggunkan Mobile Collecting.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif melalui data observasi dan wawancara untuk menelusuri sejarah yang terdapat di KSPPS Tamzis Bina Utama.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa teknologi Mobile Collecting atau Tamzis Online merupakan bentuk layanan terbaru yang digunakan untuk Input data simpanan, Pembiayaan dan Infaq Anggota. Setelah Transaksi Mobile Collecting dilakukan maka akan muncul Struk Transaksi yang berisi Informasi Transaksi dan juga Saldo Rekening dari akun anggota. Sehingga petugas lapangan Tmazis terutama staf marketing lebih professional dalam melayani kebutuhan anggota Tamzis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mobile collecting; KSPPS Tamzis Bina Utama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:32
Last Modified: 27 Sep 2022 08:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16929

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics