Representasi persahabatan dalam novel “Queennora” karya Uniessy

Rokhayati, Mila (2022) Representasi persahabatan dalam novel “Queennora” karya Uniessy. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026041_Mila_Rokhayati] Text (Skripsi_1501026041_Mila_Rokhayati)
Skripsi_1501026041_Mila_Rokhayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, manusia bisa menjalin persahabatan, karena lingkup pertemanan membentuk jati diri. Apabila beruntung sahabat akan membawa kebaikan, jika tidak sahabat itu pula akan menjerumuskan kepada keburukan. Persahabatan sejati dapat diambil hikmahnya dari kisah teladan persahabatan Rasulullah yang bisa kita temui dalam karya sastra. Novel “Queennora” adalah karya sastra terbitan Mizan ditulis oleh Uniessy ditahun 2017. Novel tersebut menceritakan kisah Queen dan Nora yang merepresentasikan persahabatan. Bahwa sahabat bukan hanya ada saat suka maupun duka, tetapi tentang saling mengingatkan dan bersama menuju jalan kebaikan.
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi persahabatan yang terkandung dalam novel setebal 333 halaman karya Uniessy tersebut. Untuk menjawab bagaimana representasi persahabatan tersebut peneliti memilih menggunakan analisis semiotik Roland Barthes dan disesuaikan dengan delapan indikator persahabatan menurut teori Devito yaitu kesenangan, membantu, penerimaan, percaya, pengertian, menghargai, kepercayaan, dan spontanitas.
Hasil penelitian adalah representasi persahabatan yang ditampilkan Uniessy berupa membantu, menolong, meringankan beban, dukungan kepada sahabat meliputi senantiasa mengingatkan manakala lupa ajaran agama, meluruskan jika mulai melenceng, menegur saat melakukan kesalahan, serta menyadarkan ketika sahabat khilaf. Karena lingkar pertemanan yang baik dapat mempengaruhi seseorang dalam bersikap, didukung dengan beberapa faktor yaitu religiusitas, lingkungan tempat tinggal, serta peran keluarga menjadi pendukung terbentuknya perilaku baik seseorang dalam menjalani kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi; Persahabatan; Novel
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:27
Last Modified: 29 Sep 2022 01:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16937

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics