Manajemen dakwah pengajian Ahad Pagi Bersama Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Oktavianto, Muhammad Tri (2022) Manajemen dakwah pengajian Ahad Pagi Bersama Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501036139_Muhammad_Tri_Oktavianto] Text (Skripsi_1501036139_Muhammad_Tri_Oktavianto)
Skripsi_1501036139_Muhammad_Tri_Oktavianto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Tri Oktavianto (NIM 1501036139) dengan skripsi yang berjudul “Manajemen Dakwah Pengajian Ahad Pagi Bersama Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang”. Pada penelitian skripsi ini memiliki rumusan masalah yang memfokuskan pada 1) Bagaimana manajemen dakwah pengajian ahad pagi bersama Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang? 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat pengajian ahad pagi bersama Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang? Tujuan penelitian untuk: 1) mengetahui manajemen dakwah PAPB Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam PAPB Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Penelitian dalam skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data yang terkumpul berupa kata-kata tertulis, jika ada angka-angka sifatnya hanya sebagai penunjang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer berupa tokoh masyarakat yang erat hubungannya dengan Pengelolaan Pengajian Pengajian Ahad Pagi Bersama Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Seperti bapak Drs.H. Ramelan, SH., MH selaku panitia dan pengurus. Data Sekunder berupa referensi, artikel, jurnal, serta situs internet yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data berupa Observasi,Wawancara dan Dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data yaitu menggambarkan, menguraikan dan memaparkan tentang pengelolaan manajemen dakwah Pengajian Ahad Pagi Bersama Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa manajemen dakwah pengajian ahad pagi bersama masih tetap eksis berjalan hingga sekarang, yang dikelola oleh yayasan amal pengajian ahad pagi bersama (YAPAPB) dan juga dibantu oleh takmir-takmir masjid yang menjadi anggota Yayasan Amal Pengajian Ahad Pagi Bersama menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu dengan planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan dan pelaksanaan) dan controlling (pengevaluasian atau pengawasan). Penerapan fungsi manajemen saling tergantung dan saling mendukung antara satu dengan lainnya. Adapun faktor pendukung dalam manajemen dakwah pengajian ahad pagi bersama Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang yaitu antusias yang cukup tinggi dari jamaah untuk menghadiri pengajian ahad pagi bersama, karena hal ini menjadi nilai positif bagi pengurus YAPAPB. Faktor penghambat Kurangnya generasi muda untuk mengikuti kegiatan pengajian ahad pagi bersama dan juga untuk meregenerasi kepengurusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Pengajian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:42
Last Modified: 29 Sep 2022 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16939

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics