Konseling multikultural dan fungsinya dalam mengatasi culture shock santri di Panti Sosial Asuhan Anak Pondok Pesantren Yatim Piatu dan Dhuafa Darul Inayah Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Hasikin, Ajang Zaenal (2022) Konseling multikultural dan fungsinya dalam mengatasi culture shock santri di Panti Sosial Asuhan Anak Pondok Pesantren Yatim Piatu dan Dhuafa Darul Inayah Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016052_Ajang_Zainal_Hasikin] Text (Skripsi_1501016052_Ajang_Zainal_Hasikin)
Skripsi_1501016052_Ajang_Zainal_Hasikin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Culture shock santri merupakan permasalahan yang di hadapi oleh PPSAA Darul Inayah Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Pemberian bimbingan konseling multikultural sangat penting sekali bagi santri guna membekali santri serta memberi arahan kepada santri agar dapat melakukan kegiatan belajar dengan nyaman. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana kondisi culture shock santri di PPSAA Darul Inayah Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat?, 2) Bagaimana pelaksanaan konseling Multikultural untuk mengatasi culture shock santri di PPSAA Darul Inayah Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat?.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kondisi culture shock yang di alami santri. Sekaligus untuk mengetahui pelaksanaan konseling Multikultural untuk mengatasi culture shock yang di alami santri PPSAA Darul Inayah Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data primer yang digunakan adalah data wawancara santri dan guru BK. Sumber data sekunder yang digunakan meliputi Hadits, Sirah, buku, artikel, dan jurnal yang terkait dengan judul penelitian. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Santri di PPSAA Darul Inayah Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat mengalami culture shock berupa perbedaan bahasa asal santri dengan lingkungan PPSAA yang menggunakan bahasa sunda. Bahasa Sunda yang memiliki tingkatan membuat sebagian besar para santri lintas budaya tidak bisa menghindari terpaan culture shock. Oleh karena itu, untuk mengatasinya santri diperuntukan sering berkumpul dan berkemauan untuk berinteraksi merupakan cara yang efektif untuk mengatasi culture shock. Pelaku culture shock tidak segan untuk bertanya ketika tidak memahami maksud dari pembicaraan. (2) Pelaksnaan konseling multikultural di PPSAA Darul Inayah Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Langkah pertama, berupa persiapan meliputi assessmen latar belakang santri binaan. langkah pertama ini merupakan pintu dalam proses konseling. Langkah kedua, proses pembukaan konseling. Dengan cara memahami karakteristik santri terlebih dahulu. Langkah ketiga, inti dalam konseling. Tujuan dari langkah ini adalah membangun kepercayaan diri santri binaan, meningkatkan dan mengolah kemampuan santri sesuai dengan minatnya masing-masing, memberi pemahaman dan penilaian kepada santri, dan memberikan contoh model (modelling) kepada santri. Langkah keempat, pra finishing. Konselor memberikan jaminan kepada santri bahwa jika proses konseling dalam rehabilitasi ini berhasil, maka santri dapat dibina dalam jenjang lanjutan. Dan langkah kelima, proses penyelesaian konseling. Setelah proses konseling dan rehabilitasi selesai, santri binaan yang fungsi sosialnya telah kembali pulih, akan dilepas untuk hidup secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling; Multikultural; Culture shock; Santri; Pondok pesantren; Panti sosial asuhan anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:48
Last Modified: 29 Sep 2022 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16945

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics