Makna teologi dan makanan ampo di Desa Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban

Mar'atin, Winda Fawzia (2022) Makna teologi dan makanan ampo di Desa Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Undergraduate (S1) thesis, Univesitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504016008_Winda_Fawzia_Mar'atin] Text (Skripsi_1504016008_Winda_Fawzia_Mar'atin)
Skripsi_1504016008_Winda_Fawzia_Mar’atin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang makanan Ampo di masyarakat Bektiharjo kecamatan Semanding kabupaten Tuban. Mengingat Ampo merupakan fenomena sosial yang ada di masyarakat, Ampo terbuat dari tanah liat dan dapat dimakan baik sebagai cemilan maupun sebagai obat alternatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana makna teologi makanan ampo pada masyarakat desa Bektiharjo kecamatan semanding terhadap makanan Ampo. Penelitian ini dilakukan di lapangan metode yang digunakan kualitatif. Proses pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Makanan Ampo selain berguna sebagai camilan dan penunda lapar, ampo juga kerap digunakan sebagai pelengkap sesajen untuk acara tertentu seperti nikahan, khitanan, membangun rumah, bancakan sapi atau yang kerap di sebut dengan syukuran sapi dan lain sebagainya. Pada jaman dahulu ampo di gunakan sebagai penganjal perut ketika musim paceklik lalu Ampo juga di percaya sampai saat ini untuk menjadi obat alami sampai saat ini masih sering digunakan untuk obat meriang, panas, flu dan batuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Ampo; Teologi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 394 General customs
900 Geography and history > 902 Miscellany
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:51
Last Modified: 29 Sep 2022 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16946

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics