Strategi coping stress pada santri putri melalui shalat khusyu’ di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo Tanggungharjo Grobogan

Tiarawati, Meileni (2022) Strategi coping stress pada santri putri melalui shalat khusyu’ di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo Tanggungharjo Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016075_Meileni_Tiarawati] Text (Skripsi_1501016075_Meileni_Tiarawati)
Skripsi_1501016075_Meileni_Tiarawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Santri yang tinggal dipesantren Sirojuth Tholibin Brabo Tanggungharjo Grobogan, mengeluhkan berbagi permasalahan yang dihadapi selama tinggal dipesantren. Masalah yang dialami bermacam-macam seperti, masalah psikis, sosial, dan agama yang mengakibatkan santri mengalami stres. Permasalahan yang dialami santri usaha yang diambil yaitu shalat khusyu’ sebagai strategi coping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan shalat khusyu’ santri putri Di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo Tanggungharjo Grobogan, dan mengetahui shalat khusyu’ sebagai strategi coping stress santri putri Di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo Tanggungharjo Grobogan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelituan adalah santri putri Sirojuth Tholibin, tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi tekhnik dan trianggulasi waktu. Analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu data reduction, data display dan conclustion drawing atau verification.
Hasil penelitian : Pertama, pelaksanaan shalat khusyu’ santri putri. Kegiatan dimulai dengan mengondisikan semua santri, berdo’a, membaca shalawat, mendengarkan dan mempraktekan materi yang diberikan. Metode bimbingan yang digunkan yaitu bimbingan kelompok secara klasikal. Proses bimbingan shalat khusyu’ merupakan pemberian dorongan motivasi santri dalam pengambilan keputusan berdasarkan agama melalui shalat. Kedua, strategi coping stress santri putri melalui shalat khuSyu’. Aktifitas shalat yang dilakukan memberikan ketenangan dan keseimbangan pada sistem saraf atau sebagai problem solving bagi santri, dimulainya mendengar adzan, berwudhu, sebelum shalat dan saat shalat, setelah shalat dan berdzikir merupakan proses khusyu’ yang akan didapati seperti: Hudur al-Qalbi, at-Tafahum, Haibah, At-Ta’dzim, ar-Raja’, al-Haya (rasa malu terhadap Allah). Manfaat yang dirasakan yaitu, menumbuhkan konsentrasi pada santri, menambah tingkatan bacaan menjadi baik dan benar, merasakan ketenangan didalam jiwa dan merasa nyaman saat mengadu segala permasalahan yang dihadapi. Problem Focused Coping (PFC) merupakan strategi coping yang diambil dalam mengubah dan menghilangkan sumber stres.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Coping stress; Shalat khusyu’; Santri putri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:53
Last Modified: 29 Sep 2022 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16948

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics