Pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan produktivitas kacang tanah oleh Forum Rembuk Klaster Kacang Tanah di Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara

Faqih, Muhammad Nur (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan produktivitas kacang tanah oleh Forum Rembuk Klaster Kacang Tanah di Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501046052_Muhammad_Nur_Faqih] Text (Skripsi_1501046052_Muhammad_Nur_Faqih)
Skripsi_1501046052_Muhammad_Nur_Faqih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Nur Faqih (1501046052). Pemberdayaan Masyarakat MelaluiProgram Peningkatan Produktivitas Kacang Tanah Oleh Forum Rembuk Klaster Kacang Tanah Di Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara.
Forum Rembuk Klaster Kacang Tanah Sulebu makmur Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara merupakan lembaga yang menggabungkan 3 desa suwawal timur, bulungan dan Lebak sebagai lembaga atau organisasi kelompok tani yang bertujuan untuk mewujudkan kemandirian agar petani lebih maju dan berinovasi. Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk, kebutuhan bahan pangan akan semakin meningkat. Untuk itu di perlukan berbagai upaya strategis untuk meningkatkan produksi bahan pangan sehingga ancaman kerawanan pangan diberbagai daerah bisa di cegah. Dengan mengangkat rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana tahapan pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan produktivitas kacang tanah oleh Forum Rembuk Klaster Kacang Tanah di Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara (2) Bagaimana Hasil dari pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan produktivitas kacang tanah oleh Forum Rembuk Klaster Kacang Tanah di Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara.
Penelitian ini dilakukan Desa Suwawal timur Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan skunder, yaitu data diperoleh secara langsung dari narasumber dan melalui data pendukung berupa buku, dokumen, dan hasil survey. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara secara terstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Setelah data terkumpul, penulis menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian dari kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan produktivitas kacang tanah oleh forum rembuk klaster kacang tanah adalah berkurangnya penduduk miskin, berkembangnya usaha peningkatan pendapatan yang dilakukan oleh penduduk miskin dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dan meningkatkan kemandirian kelompok ditandai dengan makin berkembangnya usaha produktif dan makin luasnya interaksi dengan kelompok lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Peningkatan Produktivitas; Pertanian; Forum rembuk; Kacang tanah
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 633 Field and plantation crops
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:07
Last Modified: 29 Sep 2022 01:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16950

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics