Komodifikasi produk halal pada iklan minyak angin Freshcare di Televisi

Mulweni, Sara (2022) Komodifikasi produk halal pada iklan minyak angin Freshcare di Televisi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026064_SARA_MULWENI] Text (Skripsi_1501026064_SARA_MULWENI)
Skripsi_1501026064_SARA_MULWENI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Peneliti tertarik meneliti hal ini dilatarbelakangi pandangan pelaku ekonomi politik memanfaatkan media massa (Televisi) untuk menyebarkan informasi melalui iklan, kemudian dimanfaatkan oleh kapitalis untuk melakukan komodifikasi. Mempengaruhi masyarakat melalui pendekatan agama, sehingga menarik minat daya beli dan akan mendapatkan keuntungan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana bentuk komodifikasi pada iklan produk halal freshcare di Televisi?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna pesan dari simbol-simbol yang ditampilkan melalui iklan televisi produk halal freshcare versi Dewi Sandra. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa maraknya produk halal di Indonesia merupakan sebagai contoh dari budaya konsumerisme. Berdasarkan UU No 33 Tahun 2014 Jaminan Produk Halal, semua produk harus bersertifikat halal, sebagai bentuk jaminan kepada msayarakat bahwa produk yang dikonsumsi aman. Produk Halal bukan hanya makanan dan minuman tetapi semua yang berkaitan dengan barang atau jasa yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Freshcare sebagai produk minyak angin roll on pertama yang menggunakan halal (حَلاَل) dan simbol agama Islam lainnya dalam mempromosikan produknya kepada konsumen, sehingga menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk tesebut. Melalui sebuah iklan di Televisi, freshcare menciptakan sebuah branding produk minyak angin halal bagi seorang muslim masa kini yang tetap berpedoman pada nilai ajaran Islam. Mengkonsumsi sesuatu yang halal merupakan salah satu bentuk meneladani nilai agama, nilai tersebut kemudian dijadikan komoditas dirubah menjadi sebuah simbol yang memiliki nilai komersil, sehingga akan muncul kegiatan mengkonsumsi barang halal yang pasarnya adalah masyarakat di Indonesia yang mayoritas bergama Islam, untuk mendapatkan keutungan lebih dari sekedar menjual produk minyak angin biasa. Menggunakan simbol agama dalam media semacam itu, menciptakan ideologi media bahwa suatu hal yang memiliki nilai Islam didalamnya akan menjadi daya-tarik masyarakat. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa iklan produk halal freshcare di Televisi, tidak sekedar menginformasikan produk minyak angin roll on, tetapi memanfaatkan simbol dan ajaran agama Islam sebagai strategi menarik daya beli masyarakat untuk mendapatkan keuntungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi; Produk halal; Nilai Agama Islam; Iklan; Televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:00
Last Modified: 29 Sep 2022 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics